Moody's: Peringkat obligasi Indonesia Baa3

Rabu, 10 Juli 2013 - 14:56 WIB
Moodys: Peringkat obligasi Indonesia Baa3
Moody's: Peringkat obligasi Indonesia Baa3
A A A
Sindonews.com - Lembaga penelitian kredit global, Moody Investors Service (Moody's) telah memberikan peringkat provisional (P) Baa3 kepada pemerintah Indonesia atas penawaran obligasi jangka menengah dalam denominasi dolar AS. Prospek stabil.

Dalam pengumuman di situsnya, Rabu (10/7/2013), Moody's mengungkapkan, peringkat emiten Indonesia Baa3 menggabungkan penilaian moderat kekuatan ekonomi negara secara keseluruhan menyeimbangkan kinerja pertumbuhan yang kuat terhadap PDB, yang relatif rendah per kapita.

Vice President-Senior Analyst Sovereign Risk Group, Moody's, Christian de Guzman mencatat pertumbuhan PDB riil datang di atas 6 persen untuk tahun ketiga berturut-turut pada 2012. Namun, kenaikan inflasi, pengetatan kebijakan, dan harga yang lebih rendah untuk ekspor komoditas Indonesia dapat membebani pertumbuhan ekonomi tahun ini. Meski demikian, tren pertumbuhan kemungkinan akan dipertahankan di atas negara-negara lain sama dengan nilai dalam jangka menengah.

Pengelolaan fiskal yang hati-hati telah menjadikan defisit anggaran pada tingkat yang rendah dan terus mengurangi beban utang pemerintah, sebagai bagian dari PDB selama dekade terakhir. Akibatnya, rasio fiskal dan utang Indonesia sekarang lebih menguntungkan daripada rating lebih tinggi perusahaan sejenis.

Pengurangan subsidi bahan bakar (BBM) yang ditetapkan pada Juni 2013, yang pertama sejak 2008, ditujukan untuk mengurangi pengeluaran negara yang semakin besar dan kemungkinan akan menjaga defisit fiskal di bawah 3% dari PDB.

Transaksi berjalan mungkin dalam defisit struktural, volatilitas arus modal baru-baru ini telah lebih jauh membebani neraca pembayaran dan memberikan kontribusi terhadap melemahnya nilai tukar rupiah.

Sementara arus masuk FDI terus sehat dan mengurangi tekanan eksternal, cadangan devisa telah jatuh ke USD98,1 miliar per Juni 2013 dari USD112,8 miliar pada akhir 2012. Cadangan ini tetap cukup untuk memenuhi kewajiban pembayaran eksternal negara dalam dua tahun.

Prinsip metodologi yang digunakan dalam penilaian ini adalah Ratings Obligasi Negara yang diterbitkan pada September 2008.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3947 seconds (0.1#10.140)