Harga daging sapi melonjak, ayam potong turun

Jum'at, 12 Juli 2013 - 13:29 WIB
Harga daging sapi melonjak, ayam potong turun
Harga daging sapi melonjak, ayam potong turun
A A A
Sindonews.com - Memasuki hari ketiga Ramadan, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional Sidoarjo, Jawa Timur masih tinggi. Hingga jumat pagi, harga daging sapi masih sekitar Rp80 ribu per kilogramnya. Sementara harga ayam potong kini sudah mulai turun menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Menurut pedagang, naik turunnya harga daging sapi dan ayam potong di pasaran ditentukan oleh pihak pemasok yang setiap pagi memasok daging dan ayam ke pasar.

Tingginya permintaan daging sapi selama bulan Ramadan ini berpengaruh pada masih tingginya harga jual daging sapi di pasaran. Di sejumlah pasar tradisional di Sidoarjo, mulai dari kawasan Taman, Waru hingga Porong, harga daging sapi masih berkisar Rp80 ribu rupiah per kilogram.

Jika pada hari biasa sebelum Ramadan, harga daging sapi bisa sekitar Rp50-55 ribu per kilogram. Menurut pedagang, selain faktor tingginya permintaan daging di pasaran, masih tingginya harga daging sapi ini juga masih dipengaruhi oleh kenaikan BBM, khususnya daging sapi yang berasal dari luar daerah.

Meski harga daging sapi masih cukup tinggi, namun akibat permintaan daging selama Ramadan masih tinggi, hampir rata-rata seluruh pedagang daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Sidoarjo berhasil menjual habis stok daging sapi. Sejak hari pertama puasa hingga kini, sejumlah pedagang daging sapi sudah menutup lapaknya sekitar pukul 10 pagi karena kehabisan stok daging sapi.

"Kalau daging sapinya dari luar kota ya pasti harga akan naik karena harga BBM sudah naik," ujar Sutini, salah seorang pedagang daging sapi di Sidoarjo, Jumat (12/7/2013).

Sementara itu, kondisi sebaliknya terjadi pada penjualan ayam potong. Harga ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Sidoarjo kini sudah mulai turun.

Jika sebelumnya harga ayam potong sekitar Rp32 ribu per kilogramnya, kini sudah turun menjadi Rp30 ribu per kilogramnya. "Harganya sekarang turun jadi Rp30 ribu per kilonya," ungkap Nurul, pedagang ayam potong.

Meski harga daging sapi tetap tinggi dan ayam potong mulai menurun, sejumlah pedagang kini hanya bisa berharap, agar stok daging sapi dan ayam potong dari pemasok tetap bisa terpenuhi. Karena permintaan daging sapi dan ayam potong saat bulan Ramadan ini masih cukup tinggi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8446 seconds (0.1#10.140)