Ini hasil kesepakatan negara G20 di Moskow

Sabtu, 20 Juli 2013 - 19:51 WIB
Ini hasil kesepakatan negara G20 di Moskow
Ini hasil kesepakatan negara G20 di Moskow
A A A
Sindonews.com -Kelompok negara G20 sepakat meningkatkan pertumbuhan dan lapangan kerja sebagai prioritas jangka pendek ekonomi global, karena menghadapi pemulihan yang rapuh dan tidak merata.

Kepala keuangan dari negara maju dan berkembang itu juga mendukung rencana aksi yang disusun OECD (organisasi untuk kerja sama ekonomi dan pembangunan) menindak penghindaran pajak oleh perusahaan multinasional dan membantu mengisi kekurangan anggaran negara.

"Kami sepakat bahwa prioritas jangka pendek kami adalah meningkatkan lapangan kerja dan pertumbuhan," kata komunike dalam catatan akhir pertemuan KTT G20 di Moskow, Rusia, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (20/7/2013).

Para menteri keuangan mengatakan, mereka sepakat bahwa pemulihan ekonomi global diperlukan agar menjadi lebih kuat dan lebih stabil. "Ekonomi global masih terlalu lemah dan pemulihan masih rapuh serta tidak merata," kata komunike tersebut.

Beberapa negara besar menjelang pertemuan meminta kejelasan, setelah Federal Reserve AS (Fed) mengatakan, pihaknya bisa mulai memotong program pelonggaran kuantitatif, yang menyuntikkan dana sekitar USD85 miliar per bulan ke dalam ekonomi, melalui pembelian obligasi pada akhir tahun ini, dan mengakhiri program pada pertengahan 2014.

Untuk itu, mereka bersumpah setiap perubahan tersebut akan dibuat dengan hati-hati dan dikomunikasikan dengan jelas. "Masa Depan perubahan ke pengaturan kebijakan moneter akan terus hati-hati dikalibrasi dan dikomunikasikan dengan jelas."

Pernyataan itu juga menyebutkan, pekerjaan bisa ditingkatkan dengan mengurangi fragmentasi pasar keuangan, melanjutkan dukungan keuangan yang diperlukan, rebalancing permintaan global, dan mengambil langkah-langkah untuk mendukung pertumbuhan.

Sebelumnya, G20 telah sepenuhnya menyetujui rencana aksi yang disampaikan OECD untuk menekan penghindaran pajak. "Kami sepenuhnya mendukung rencana aksi ambisius dan komprehensif yang disampaikan atas permintaan G20, yang bertujuan mengatasi erosi keuntungan dan pergeseran laba."
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1945 seconds (0.1#10.140)