Harga kebutuhan pokok di Solo kembali melambung

Selasa, 30 Juli 2013 - 11:33 WIB
Harga kebutuhan pokok di Solo kembali melambung
Harga kebutuhan pokok di Solo kembali melambung
A A A
Sindonews.com - Pekan terakhir menjelang Lebaran, hampir semua beberapa kebutuhan bahan pokok di pasar kembali melambung. Kenaikan paling mencolok terjadi pada beras, cabai, bawang merah, dan daging sapi.

Kenaikan tersebut seperti terjadi di Pasar Gede Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), di mana pedagan kembali dikejutkan dengan kenaikan harga sembako. Misalnya beras yang kembali melambung lebih dari Rp700 per kilogram (kg).

Wiwin, pedagang beras du pasar tersebut menuturkan, untuk beras super kini mencapai Rp10 ribu per kg, beras sedang Rp9 ribu per kg dari sebelumnya Rp8 ribu atau mengalami kenaikan Rp1.000.

Untuk komditas cabai hampir semua jenis mengalami kenaikan sekitar Rp10 ribu. Kenaikan ini terjadi pada jenis cabai sret dari semula hanya Rp40 ribu per kg, kini menjadi Rp60 ribu per kg. Sedang harga cabai rawit putih sebelumnya Rp12 ribu naik menjadi Rp17 ribu.

"Kalau untuk cabai merah besar dari harga Rp14 ribu per kg sekarang ini mencapai Rp20 ribu per kg," kata Wiwin, Selasa (30/7/2013).

Sementara, harga bawang merah lokal yang semula sempat turun seharga Rp35 ribu per kg, kini kembali melonjak hingga Rp55 ribu per kg. Sedangkan harga daging ayam dan sapi juga mengalami kenaikan cukup tajam.

Harga daging ayam sebelumnya hanya Rp25 ribu per kg, kini menjadi Rp31 ribu per kg. Sementara, harga daging sapi terus naik menjadi Rp90 ribu per kg dari harga sebelumnya Rp85 ribu per kg. Para pedagang mengaku kebingungan menentukan harga, karena jika harga terus naik maka akan tidak terjangkau pembeli.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7816 seconds (0.1#10.140)