Harga cabai di Samarinda mulai turun

Rabu, 31 Juli 2013 - 14:47 WIB
Harga cabai di Samarinda mulai turun
Harga cabai di Samarinda mulai turun
A A A
Sindonews.com - Menjelang Lebaran, harga barang kebutuhan pokok di Samarinda, Kalimantan timur (Kaltim) mulai menurun, setelah beberapa waktu lalu mengalami kenaikan cukup tajam.

Penurunan ini terjadi pada komoditas cabai rawit yang turun dari Rp100 ribu per kilogram (kg) menjadi Rp80 ribu per kg. Berdasarkan pantauan di Pasar Segiri Samarinda, harga cabai rawit rata-rata memang turun.

Padahal, pada awal Ramadan, cabai rawit pernah tembus hingga Rp150 ribu per kg. Banyak pembeli yang menduga harga tersebut akan bertahan hingga Lebaran.

"Cabai merah sudah turun sejak empat hari yang lalu. Belum ada tanda-tanda bakal naik lagi," kata seorang pedagang di pasar tersebut, Indah, Rabu (31/7/2013).

Mengenai penyebab turunnya harga, Indah dan pedagang lainnya hanya menduga-duga jika stok cabai memang sedang melimpah. "Pembeli juga berkurang. Minat masyarakat turun jadi harga juga turun," katanya.

Komoditi lainnya seperti bawang merah relatif stabil pada harga Rp60 ribu per kg. Lonjakan harga pada awal Ramadan hingga saat ini belum ada penurunan. Sedangkan beberapa barang kebutuhan lainnya juga stabil seperti gula, tepung, dan beras.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6433 seconds (0.1#10.140)