Ini tantangan bisnis udang nasional

Rabu, 21 Agustus 2013 - 11:30 WIB
Ini tantangan bisnis udang nasional
Ini tantangan bisnis udang nasional
A A A
Sindonews.com - Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Slamet Soebjakto mengatakan, tantangan besar terkait bisnis udang nasional adalah semakin ketatnya daya saing produk udang di perdagangan global.

Untuk tetap dapat bertahan dan bersaing di pasar global, pengusaha udang diminta harus meningkatkan daya saing produk udang nasional. Terutama dengan penguasaan teknologi budidaya.

Misalnya, kata dia produksi udang unggul, penerapan budidaya sistem tertutup, teknologi bioflok serta perekayasaan teknologi. Program industrialisasi udang yang telah digulirkan KKP telah memberikan harapan besar bagi tercapainya peningkatan produksi udang nasional.

"Selain teknologi diperlukan juga regulasi, insentif dan pengembangan sistem budidaya yang berkelanjutan. Sehingga segenap permasalahan tidak dijadikan hambatan. Namun, dinilai sebagai tantangan untuk lebih meningkatkan kinerja melalui upaya nyata dan strategis," ungkap dia seperti dikutip dari situs resmi KKP, Rabu (21/8/2013).

Seperti diberitakan sebelumnya, produksi udang nasional pada 2012 sebesar 415.703 ton atau meningkat 4 persen dari 2011. Sementara, pada 2013 diproyeksikan sebesar 608 ribu ton. Pencapaian sementara hingga semester I/2013 sebesar 320 ribu ton.

"Angka ini akan terus didorong dan harus optimis tercapai, mengingat peluang besar yang ada mulai dari permintaan dunia yang cenderung meningkat serta harga menunjukan tren naik," kata Slamet.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5597 seconds (0.1#10.140)