Produsen tahu kurangi kapasitas produksi

Senin, 26 Agustus 2013 - 10:03 WIB
Produsen tahu kurangi kapasitas produksi
Produsen tahu kurangi kapasitas produksi
A A A
Sindonews.com - Tidak segera turunnya harga kedelai impor dikeluhkan para produsen tahu di Desa Glagahan, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sudah sepekan ini, harga kedelai impor sebagai bahan baku tahu naik menjadi Rp8.500/kilogram (kg) dari sebelumnya hanya Rp6.500/kg.

Para produsen bingung karena untuk menaikkan harga tahu saat ini masih belum memungkinkan sebab mereka takut ditinggal pelanggan. Karena itu, mereka terpaksa memperkecil ukuran tahu agar bisa menjual dengan harga sama seperti saat harga kedelai masih belum naik.

Tak hanya itu, para produsen juga terpaksa mengurangi kapasitas produksinya. Salah satu produsen tahu di Desa Glagahan, Perak ini misalnya, dalam sehari biasanya dapat menggiling 40-50 kg kedelai untuk membuat tahu, namun saat ini dikurangi hampir satengahnya.

"Sekarang terpaksa mengurangi kapasitas produksi menjadi 20-30 kilogram saja," kata dia di Desa Glagahan, Perak, Senin (26/8/2013).

Menurut Samin, langkah pengurangan produksi terpaksa dilakukan karena setelah ukurannya diperkecil, penjualan tahu ternyata juga lebih sulit dan jumlah pembelinya menyusut. Para perajin berharap pemerintah segera menurunkan harga kedelai impor seperti sebelumnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6671 seconds (0.1#10.140)