Pemerintah siap bawa Inalum ke arbitrase internasional

Selasa, 27 Agustus 2013 - 08:40 WIB
Pemerintah siap bawa Inalum ke arbitrase internasional
Pemerintah siap bawa Inalum ke arbitrase internasional
A A A
Sindonews.com - Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, pengambilalihan Inalum akan berjalan sesuai waktu, yaitu pada tanggal 31 Oktober 2013.

Walaupun ada ketidaksesuaian angka transfer, namun Hidayat tidak mengambil pusing. Pasalnya, pemerintah Indonesia siap membawa masalah ini ke arbitrase internasional apabila pihak Nippon Asahan Aluminium Ltd (NAA) masih tidak menyepakati angka dari pemerintah Indonesia.

"Seandainya tidak sesuai pun, fisiknya sudah kita ambil. Lalu kita membayar pada pihak Jepang sesuai dengan perhitungan kita, terus nanti dibawa ke arbitrase seperti apa, kita ikut," ujar Hidayat di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (26/8/2013) malam.

Namun Hidayat masih berharap, pada tanggal 31 Oktober 2013 mendatang, pihak NAA dapat bersama-sama menyepakati biaya yang disepakati pihak pemerintah Indonesia.

"Mudah-mudahan angkanya pada waktu itu sudah sesuai. Targetnya memang seperti itu," lanjut Hidayat.

Oleh karena itu, dia memberitahu rapat-rapat antara pemerintah dengan pihak NAA terus berjalan sampai dengan tanggal pengambilalihan untuk menyesuaikan beberapa hal yang belum sesuai antara kedua belah pihak.

"Karena tanggal 31 (Oktober) sudah dekat. Oleh karena itu, perundingannya diperketat dan kita menginginkan pas tanggal 31 Oktober itu bisa terjadi transfer kepemilikan," tutup Hidayat.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5127 seconds (0.1#10.140)