Ekonomi Australia Q2 tumbuh 0,6%

Rabu, 04 September 2013 - 12:02 WIB
Ekonomi Australia Q2 tumbuh 0,6%
Ekonomi Australia Q2 tumbuh 0,6%
A A A
Sindonews.com - Perkonomian Australia diperluas stabil 0,6 persen pada kuartal kedua (Q2) 2013. Angka tersebut sedikit lebih baik dari 0,5 persen pada tiga bulan pertama sebelumnya, sesuai dengan perkiraan. Sementara pada tingkat tahunan tumbuh 2,6 persen lebih tinggi dari perkiraan pasar sebesar 2,5 persen.

Biro Statistik Australia, ABS mengatakan, data tersebut mendorong manajemen ekonomi kembali ke perdebatan pemilu karena ekonomi komoditas bertenaga mengalami transisi yang menyakitkan jauh dari tambang sebagai pendorong utama pertumbuhan.

Perdana Menteri Kevin Rudd mengatakan, angka-angka yang jauh di bawah rata-rata jangka panjang sekitar 3,25 persen menunjukkan ketahanan Australia, meskipun kesulitan di ekonomi global dan pelemahan booming pertambangan selama satu dekade.

"Kami telah tumbuh 15 persen selama lima atau enam tahun terakhir. Yang menarik perhatian Anda pada fakta bahwa ekonomi Inggris telah menyusut tiga persen selama enam tahun terakhir," ujar Rudd, seperti dilansir dari AFP, Rabu (4/9/2013).

Menurutnya, investasi publik memberikan kontribusi produk domestik bruto (PDB) pada kuartal kedua sebagai pengeluaran konsumen yang didukung oleh pemotongan suku bunga resmi ke rekor terendah 2,5 persen.

"Investasi pemerintah masih dalam keadaan ekonomi global yang sulit, adalah bagian mendasar dari menjaga perekonomian Australia yang kuat dan dalam wilayah pertumbuhan yang positif," katanya.

ABS menyebutkan sektor pertambangan, keuangan dan kesehatan menjadi kontributor terbesar PDB Australia selama 12 bulan terakhir. Ekspor tetap diredam dengan terms of trade - ukuran harga ekspor dibandingkan harga impor - naik hanya 0,1 persen, dibandingkan dengan 3,1 persen pada kuartal pertama.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3874 seconds (0.1#10.140)