RI-Polandia tingkatkan kerja sama kelautan dan perikanan

Kamis, 05 September 2013 - 13:02 WIB
RI-Polandia tingkatkan kerja sama kelautan dan perikanan
RI-Polandia tingkatkan kerja sama kelautan dan perikanan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI meningkatkan kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Daerah Republik Polandia. Kerja sama ini diklaim diinisiasi sejak 2009.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo mengatakan, Indonesia dan Polandia memiliki persamaan dalam pengelolaan perikanan, dengan karakteristik perikanan berskala kecil (artisanal). Polandia, memiliki reputasi baik dalam eksplorasi laut dan perikanan.

"Iptek kelautan dan teknologi identifikasi stok ikan yang menggunakan aplikasi sonar merupakan yang terbaik di dunia. Untuk itu, KKP menetapkan Polandia sebagai mitra strategis dalam pemasaran ikan di Eropa Timur," ujar dia dalam rilisnya, Rabu (4/9/2013).

Pertemuan tersebut dihadiri Presiden Republik Polandia, Bronislaw Komorowska, dan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Kedua negara juga sepakat untuk memperkuat kerja sama melalui Memorandum Saling Pengertian (MSP) tentang Kerja Sama Perikanan.

Terutama, kata dia, kerja sama peningkatan perdagangan dan investasi di bidang perikanan. Kedua, pengembangan kelembagaan dan sumber daya manusia untuk mewujudkan pengelolaan perikanan berkelanjutan, termasuk pertukaran tenaga ahli/ilmuwan.

"Ketiga, pemasaran produk-produk perikanan, termasuk pengembangan pasca panen. Kami telah berbagi pandangan tentang kepentingan bersama dalam bidang kelautan dan perikanan," kata Syarief.

Menurutnya, kerja sama di bidang perikanan akan membawa manfaat dalam pembangunan ekonomi bagi kedua negara. Di mana kedua negara dapat saling bertukar pengalaman dan pelajaran tentang memajukan perikanan berkelanjutan, sekaligus mempromosikan produk ikan dan hasil perikanan.

"Saya ingin mengundang sektor swasta dari Republik Polandia untuk berinvestasi di industri perikanan di Indonesia, terutama dalam pengolahan ikan. Saya ingin mendorong kedua kementerian untuk dapat menindaklanjuti MSP ini dengan penyusunan rencana kerja dan membuka dialog intensif untuk memperkuat kerja sama perikanan, baik Pemerintah maupun swasta," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5112 seconds (0.1#10.140)