Kemenperin raih penghargaan terbaik e-Government

Senin, 16 September 2013 - 14:27 WIB
Kemenperin raih penghargaan terbaik e-Government
Kemenperin raih penghargaan terbaik e-Government
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meraih penghargaan sebagai Kementerian Terbaik dalam Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) tingkat Kementerian 2012, bersama Kementerian Keuangan dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring kepada Wakil Menteri Perindustrian Alex W Retraubun mewakili Menteri Perindustrian di Jakarta, hari ini.

Wamenperin mengatakan, bahwa penghargaan ini merupakan prestasi membanggakan, sekaligus dapat memotivasi jajaran Kemenperin dan kementerian lainnya atas pentingnya pemahaman dan pelaksanaan Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) dalam pelaksanaan tugasnya.

"Kemenperin terus berupaya agar pemanfaatan teknologi informasi semakin meningkat. Sehingga kualitas pelayanan kepada masyarakat, pelaku bisnis, dan stakeholder menjadi semakin baik," kata dia dalam rilisnya, Senin (16/9/2013).

Dalam melaksanakan pengembangan e-Government, Kemenperin mengaku selalu berpedoman pada Inpres No 3/2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government, serta UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan UU No 25/2009 tentang Pelayanan Publik.

Seperti diketahui, PeGI merupakan kegiatan yang dilaksanakan Direktorat e-Government, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melihat peta kondisi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di tingkat kementerian.

Secara umum, dari hasil penilaian, Kemenperin memiliki keunggulan dalam implementasi aplikasi layanan teknologi informasi yang terintegrasi sehingga tidak ada isu terkait interoperabilitas antar direktorat jenderal.

Pelaksanaan PeGI kali ini diikuti sebanyak 29 dari 33 kementerian. Berdasarkan kategori penilaian terhadap 29 kementerian tersebut, 41,38 persen kementerian berada pada kategori Baik, 55,17 persen kementerian berada pada kategori Kurang dan sebanyak 3,45 persen kementerian berada pada kategori Sangat Kurang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6162 seconds (0.1#10.140)