Menkeu minta pelaku pasar bijak merespon kondisi pasar

Senin, 16 September 2013 - 15:45 WIB
Menkeu minta pelaku pasar bijak merespon kondisi pasar
Menkeu minta pelaku pasar bijak merespon kondisi pasar
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan M Chatib Basri meminta agar pelaku pasar lebih bijak dalam merespon dan berkomentar terkait kondisi pasar yang saat ini tengah berfluktuasi.

Dirinya khawatir bila komentar yang berkembang terlalu negatif dapat mengakibatkan kondisi ekonomi kian tenggelam meskipun pada kenyataannya dapat dipulihkan dengan langkah yang tepat.

Pernyataan Chatib ini didasarkan pada kondisi psikologis kalangan investor di Tanah Air yang cenderung sensitif terhadap isu yang berkembang. Chatib menyebut kondisi tersebut sebagai animal spirits.

"Kondisi psikologis kita itu ibarat di tengah lapangan, kemudian ada yang bilang akan hujan, semua orang melihat ke atas padahal hujannya belum turun. Sama halnya kalau di pasar modal komentarnya terlalu negatif, pelaku pasarnya langsung buru-buru jual (panic selling), padahal market-nya belum tentu negatif," kata Chatib di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (16/9/2013).

Oleh karena itu, lanjut Chatib, perlu adanya satu upaya serius dari berbagai pihak untuk menekan sifat animal spirits para pelaku tersebut tidak keluar ke permukaan lantaran akan memberikan dampak buruk terhadap kondisi pasar.

"Tugas pemerintah menjaga animal spirits ini jangan sampai keluar di pelaku pasar," tegasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5860 seconds (0.1#10.140)