Aktivitas bisnis di Zona Euro September melonjak

Senin, 23 September 2013 - 16:18 WIB
Aktivitas bisnis di Zona Euro September melonjak
Aktivitas bisnis di Zona Euro September melonjak
A A A
Sindonews.com - Kegiatan bisnis di Zona Euro pada September 2013 berlanjut naik, mencapai angka tertinggi dalam 27 bulan, memberikan tanda pemulihan ekonomi terus menguat.

Komposit Indeks Pembelian Manajer yang disusun lembaga survei Markit Economics melonjak menjadi 52,1 poin untuk September, dari 51,5 poin pada Agustus, mendorong lebih lanjut di atas garis 50 poin.

Kenaikan ini menegaskan pemulihan di blok mata uang tunggal euro, yang akhirnya keluar setelah resesi selama 18 bulan pada kuartal kedua tahun ini.

"Hal ini sangat menggembirakan melihat situasi bisnis meningkat di seluruh wilayah," kata Chris Williamson, kepala ekonom Markit, seperti dilansir dari AFP, Senin (23/9/2013).

"Meskipun kemajuan terus dipimpin Jerman, Perancis melihat kenaikan pertama dalam bisnis sejak awal 2012, dan di tempat lain sebagai pertumbuhan terkuat sejak awal 2011," tambahnya.

Markit juga mencatat angka pengangguran di Zona Euro. "Pekerjaan terus menurun, meskipun secara meyakinkan tingkat pekerjaan bergeser ke hanya kecepatan yang sangat sederhana, menunjukkan bahwa pekerjaan bisa segera mulai naik lagi," jelas Williamson.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6495 seconds (0.1#10.140)