Harga emas dunia hari ini melemah

Senin, 23 September 2013 - 18:21 WIB
Harga emas dunia hari ini melemah
Harga emas dunia hari ini melemah
A A A
Sindonews.com - Harga emas global hari ini melemah memperpanjang sell-off tajam pada sesi sebelumnya akibat ketidakpastian prospek kebijakan moneter AS yang terus menekan harga.

Komentar Pemimpin Federal Reserve St Louis, James Bullard bahwa Fed bisa membalikkan keputusan mengejutkan pada pekan lalu untuk mempertahankan pelonggaran moneter pada pertemuan berikutnya, membantu mengetok emas 3 persen lebih rendah pada Jumat (20/9/2013) lalu, menghapus keuntungan volatile yang dibuat dalam sepekan.

Spot emas turun 0,4 persen di angka USD1,319.76 per ounce pada pukul 09.55 GMT. Sementara emas berjangka AS untuk pengiriman Desember turun USD12,50 per ounce menjadi USD1,320.00 per ounce.

Harga telah jatuh lebih dari 20 persen pada tahun ini, sebagian besar didorong petunjuk dari Fed (Federal Reserve AS) yang akan melancipkan program pembelian obligasi USD85 miliar per bulan sebelum akhir 2013. Ketidakpastian waktu pemangkasan menyebabkan perdagangan berombak.

"Emas telah memiliki penundaan eksekusi, mungkin sebulan atau mungkin tiga bulan lagi, jika pertemuan Fed Desember digunakan sebagai platform untuk (tapering)," kata analis Mitsubishi, Jonathan Butler, seperti dilansir dari Money Web, Senin (23/9/2013).

"Dalam hal data yang dikeluarkan AS, sekali lagi kita akan melihat data ekonomi yang positif menjadi bearish untuk emas dan sebaliknya. Dengan gambaran beragam yang kami lihat muncul dalam beberapa pekan terakhir, di mana emas bisa mendapatkan beberapa dukungan sementara. Tapi, sekali terjadi pengurangan (stimulus), dia (emas) akan melihat kaki lain turun," tambahnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9811 seconds (0.1#10.140)