IMF: Pertumbuhan ekonomi Filipina tahun ini tetap kuat

Selasa, 24 September 2013 - 14:49 WIB
IMF: Pertumbuhan ekonomi Filipina tahun ini tetap kuat
IMF: Pertumbuhan ekonomi Filipina tahun ini tetap kuat
A A A
Sindonews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan, pertumbuhan ekonomi Filipina yang kuat akan berlajut hingga akhir 2013 dan tahun berikutnya, mengantisipasi unwinding dari program stimulus besar-besaran AS.

"Pada 2013, pertumbuhan diperkirakan akan tetap kuat di 6 3/4 persen, turun menjadi sekitar 6,0 persen pada 2014, yang masih agak lebih cepat dari output potensial," kata Official IMF, Rachel van Elkan dalam pernyataannya, seperti dilansir dari AFP, Selasa (24/9/2013).

Van Elkan, yang memimpin misi IMF mengunjungi Manila pekan lalu, mengatakan Filipina seperti pasar negara berkembang lainnya melihat mata uang mereka melemah setelah pengumuman rencana pengurangan pembelian aset Federal Reserve AS, pada akhir Mei lalu.

Dia menyebutkan, penurunan mata uang peso baru-baru ini akan meningkatkan inflasi secara bertahap. Tapi, secara keseluruhan neraca pembayaran tetap surplus (kecil), didukung remitansi TKI di luar negeri dan penerimaan dari bisnis outsourcing.

Defisit fiskal datang di angka 2,0 persen dari target PDB APBN tahun ini, di mana pengeluaran lebih tinggi diimbangi peningkatan pendapatan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5924 seconds (0.1#10.140)