Menteri energi se-ASEAN kumpul di Bali

Rabu, 25 September 2013 - 12:32 WIB
Menteri energi se-ASEAN kumpul di Bali
Menteri energi se-ASEAN kumpul di Bali
A A A
Sindonews.com - Para menteri bidang energi Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berkumpul dalam acara “ASEAN Ministers on Energy Meeting” (AMEM) ke-31 di Nusa Dua, Bali.

Pertemuan Menteri Energi tingkat ASEAN ini bertujuan membahas kerja sama dalam penyediaan energi, diversifikasi energi, dan energi terbarukan serta peningkatkan efisiensi energi.

Wakil Presiden Boediono saat membuka acara tersebut menuturkan, kerja sama negara-negara ASEAN khususnya di bidang energi harus ini dibentuk sebagai jaringan jangka panjang yang saling berkelanjutan. Kendati demikian, Boediono mengaku tidak mudah dilakukan, sehingga perlu keseimbangan yang sesuai antara kepentingan dalam negeri sendiri dan kepentingan ASEAN.

"Tapi itu tidak mustahil dilakukan. Asalkan dibangun dengan rasa saling percaya antar sesama," kata dia di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Rabu (25/9/2013).

Menurut Boediono, kerja sama ASEAN ini akan terjalin sebagai jaringan inti apabila setiap kegiatan didasarkan rasa saling percaya antar satu dengan yang lain. Kerja sama yang adil, lanjutnya, didasari dari rasa saling ketergantungan masing-masing negara.

"Dengan begitu Indonesia siap menyumbangkan core network efektif di ASEAN karena kebetulan Indonesia dikarunai sumber energi berlimpah. Kita bisa rumuskan kerja sama jangka panjang dan pembagian manfaat yang fair," jelasnya.

Adapun, negara-negara yang berpartisipasi dalam pertemuan AMEN kali ini berasal dari 10 negara anggota ASEAN, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Republik Demokrasi Rakyat Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Selain itu, juga mitra dialog ASEAN, seperti Cina, Jepang, Korea Selatan, Australia, India, Selandia Baru, Rusia, dan Amerika Serikat.

Di samping itu, hadir pula asosiasi kerja sama energi ASEAN, seperti the ASEAN Council on Petroleum (ASCOPE) dan Heads of ASEAN Power Utilities/Authorities (HAPUA), serta beberapa network yang berkaitan dengan energi seperti ASEAN Forum on Coal (AFOC), Energy Efficiency and Conservation Sub-sector Network (EE&C-SSN), Renewable Energy Sub-sector Network (RE-SSN), dan Regional Energy Policy and Planning Sub-sector Network (REPP-SSN).

Dalam rangkaian acara the 31st AMEM ini juga diselenggarakan ASEAN Energy Business Forum (AEBF). Acara tahunan yang diselenggarakan back to back dengan Pertemuan Menteri-Menteri Energi Se-ASEAN ini terdiri dari konferensi energi, pameran energi dan teknologi, ASEAN Energy Awards (pemberian penghargaan kepada para pemenang kompetisi di bidang energi di kawasan ASEAN), serta dialog antara Menteri Energi se-ASEAN dengan CEO dari Perusahaan Energi Swasta se-ASEAN.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2177 seconds (0.1#10.140)