Sektor kelautan mampu angkat ekonomi Indonesia

Sabtu, 28 September 2013 - 19:13 WIB
Sektor kelautan mampu angkat ekonomi Indonesia
Sektor kelautan mampu angkat ekonomi Indonesia
A A A
Sindonews.com - Sebagai Negara Kepulauan terbesar di dunia, Indonesia seharusnya mampu memberdayakan sektor perikanan dan kelautan di Tanah Air. Sektor tersebut diyakini mampu mengangkat perekonomian Indonesia di masa depan.

Hal itu disampaikan Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Rokhmin Dahuri, dalam seminar nasional Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan 2013 di FPIK Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (28/9/2013).

Menurut Rokhimin, banyak sekali peran strategis yang dapat dikembangkan dari sektor kelautan dan perikanan (KP), di antaranya menjadi kontributor utama kedaulatan pangan, farmasi, energi terbarukan, dan bahan baku untuk berbagai industri manufaktur.

“Selain itu, produk perikanan kita telah menyumbang 60 persen dari total animal protein intake rakyat Indonesia. Sektor perikanan dan kelautan juga menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup tinggi, yakni 3,5 persen dari PDB. Ditambah produk olahan sebesar 8 persen dari PDB,” terang Rochmin dalam paparan materinya.

Sektor perikanan dan kelautan, lanjut Rokhmin, dapat menjadi tempat penyerapan tenaga kerja dalam jumlah besar. Hal ini dapat membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

“Selain itu, sektor perikanan dan kelautan juga menjadi salah satu penyumbang devisa cukup besar pada 2012, yakni sekitar USD3,7 miliar,” ungkapnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6033 seconds (0.1#10.140)