RI-RRT tanda tangani MSP bidang perikanan

Kamis, 03 Oktober 2013 - 14:41 WIB
RI-RRT tanda tangani MSP bidang perikanan
RI-RRT tanda tangani MSP bidang perikanan
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menandatangani Memorandum Saling Pengertian (MSP) dengan Kementerian Pertanian Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China dibidang perikanan.

Penandatangan MOU disaksikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden RRT, Xi Jinping di Istana Negara Jakarta, hari ini.

"Penandatanganan ini memakan waktu cukup panjang sejak kesepakatan kerja sama perikanan sebelumnya berakhir pada 2007. MSP ini menandai era baru kerja sama perikanan kedua negara," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C Sutardjo dalam rilisnya, Kamis (3/10/2013).

MSP Kerja Sama Perikanan ini memuat kesepakatan terkait promosi investasi di bidang perikanan tangkap, perikanan budidaya serta pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Selain itu, MSP juga memuat kesepakatan kerja sama pemberantasan praktik IUU Fishing, implementasi Port State Measures serta pertukaran data dan informasi perikanan.

Terutama, kata dia, terkait data ekspor dan impor produksi perikanan, data pendaratan ikan, registrasi kapal dan data penghapusan sertifikat negara asal kapal atau Deletion Certificate.

Kerja sama inijuga membahas pengembangan kerja sama teknis perikanan tangkap berkelanjutan, perlindungan keanekaragaman sumberdaya hayati perikanan dan berbagai kerja sama peningkatan kapasitas (capacity building) bidang perikanan.

"Melalui penandatanganan MSP ini diharapkan dalam waktu dekat dapat mempercepat pembangunan sektor perikanan melalui program industrialisasi perikanan. Terutama, terkait upaya peningkatan fasilitas investasi industri perikanan tangkap terpadu di dalam negeri," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4904 seconds (0.1#10.140)