KTT APEC 2013 hanya telan dana Rp364 M

Kamis, 03 Oktober 2013 - 15:09 WIB
KTT APEC 2013 hanya...
KTT APEC 2013 hanya telan dana Rp364 M
A A A
Sindonews.com - Ketua Panitia Nasional KTT APEC 2013, Chairul Tanjung membeberkan tentang dana APBN yang dipergunakan dalam penyelenggaraan KTT APEC 2013 di Bali.

Angka yang disebutkan Chairul Tanjung cukup minim, yaitu hanya sekitar Rp364,7 miliar atau sekitar USD35 juta yang dialokasikan kepada empat Kementerian. Yaitu Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Ini hanya untuk akomodasi kepala negara, hotel, pengamanan, dan konferensi saja," ujarnya di BNDCC Nusa Dua, Bali, Kamis (3/10/2013).

Dia juga memberitahukan rahasia dibalik murahnya biaya penyelenggaraan KTT APEC. Di mana pihak swasta dan BUMN telah membuat infrastruktur dan venue-venue acara ini, sedangkan pemerintah hanya bertanggung jawab dalam penyelenggaraan acara saja.

"Perluasan airport sudah dilakukan BUMN dengan investor asing, jalan tol dikerjakan BUMN dengan patungan kontraktor, hotel-hotel mayoritas sudah ada sebelumnya oleh swasta, gedung BNDCC 100 persen swasta (Kompas Gramedia), sedangkan hotel terbaru untuk acara ini (Sofitel) juga dikerjakan oleh Pak Trihatma (Haliman)," jelasnya.

Dia juga membandingkan KTT APEC tahun ini dibandingkan 2012 yang digelar di Vladivostok, Rusia yang memakan dana jauh lebih besar.

"Saya cek berapa biaya (KTT APEC) Vladivostok. Ternyata memakan puluhan billion USD dari APBN Rusia. Tetapi ternyata semua fasilitas yang baru dibangun khusus untuk KTT APEC seperti bandara baru, jalan baru, dan convention center baru. Sedangkan infrastruktur kita sudah ada semua," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7624 seconds (0.1#10.140)