Gita Wirjawan dan John Key bahas CPO

Minggu, 06 Oktober 2013 - 17:02 WIB
Gita Wirjawan dan John Key bahas CPO
Gita Wirjawan dan John Key bahas CPO
A A A
Sindonews.com - Dalam sesi pembicaraan kelima dalam Asia Pasific Economic Coorporation (APEC) CEO Summit, Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mendapat jatah satu panggung bersama Perdana Menteri Selandia Baru John Key.

Dalam pembahasan kurang lebih 20 menit tersebut, Gita dan John Key membahas tentang logistik, perdagangan bebas dan isu minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) yang acapkali mendapatkan resistensi di negara seperti Selandia Baru.

"Pertama terkait kelapa sawit ketika (APEC 2012) di Vladivostok, kita sudah minta agar dimasukkan dalam produk ramah lingkungan karena mendukung pembangunan berkelanjutan dan pengentasan kemiskinan," terang Gita di Hotel Westin Nusa Dua, Bali, Minggu (6/10/2013).

John Key juga menjelaskan bahwa apabila Indonesia bisa memastikan bahwa perkebunan kelapa sawit Indonesia tidak merusak lingkungan, maka dirinya akan membantu Gita untuk menjelaskan hal tersebut kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang ada di negaranya.

"Kita juga salah satu pengimpor CPO asal Indonesia. Apabila kita bisa memastikan autentifikasi dan dipanen dengan cara tertentu tentunya kita (pemerintah Indonesia dan Selandia Baru) akan melindungi hal tersebut," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8849 seconds (0.1#10.140)