IMF: Pertumbuhan ekonomi Asia rata-rata 5,25%

Selasa, 08 Oktober 2013 - 21:52 WIB
IMF: Pertumbuhan ekonomi Asia rata-rata 5,25%
IMF: Pertumbuhan ekonomi Asia rata-rata 5,25%
A A A
Sindonews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) telah memperingatkan kekhawatiran ekonomi global dan perlambatan cepat di China dapat menghambat pertumbuhan Asia.

Lembaga keuangan berbasis Washington itu mengupas kembali proyeksi pertumbuhan untuk kawasan Asia, dengan memperkirakan ekonomi berkembang rata-rata 5,25 persen pada 2013 dan 2014. Meski masih kuat, namun angka ini lebih lemah daripada yang diantisipasi April lalu.

"Selama semester pertama 2013, pertumbuhan di Asia umumnya moderat. Hal ini disebabkan penurunan lebih cepat laju pertumbuhan di China, yang mempengaruhi kegiatan industri di banyak negara Asia," ujar IMF dalam World Economic Outlook-nya, seperti dilansir dari AFP, Selasa (8/10/2013).

Namun, laporan ini terdorong pertumbuhan dari kebijakan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam menjalankan ekonomi terbesar ketiga di dunia sejak meraih kekuasaan pada akhir tahun lalu.

IMF memproyeksikan ekonomi Jepang akan memperluas 2,0 persen tahun ini, sebelum melambat menjadi 1,2 persen pada 2014, merespon rencana Tokyo menaikkan pajak penjualan. "Jepang adalah titik terang utama, mencerminkan momentum kebijakan baru," katanya.

Indonesia, India dan pasar negara berkembang lainnya telah terkena arus besar uang asing sejak Mei lalu, ketika Federal Reserve AS (Fed) mengisyaratkan akan mulai meruncingkan program stimulus USD85 miliar per bulan, yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif (QE).

IMF memangkas proyeksi pertumbuhan China 2013 menjadi 7,6 persen, atas ekspansi yang lebih lambat terhadap mesin pertumbuhan kawasan. Mereka juga mengurangi prediksi pertumbuhan tahun depan ekonomi terbesar kedua di dunia itu menjadi 7,3 persen.

"Perlambatan China akan mempengaruhi banyak negara lain, terutama eksportir komoditas di antara negara emerging market," kata IMF.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7096 seconds (0.1#10.140)