Thailand pertahankan suku bunga acuan 2,5%

Rabu, 16 Oktober 2013 - 17:04 WIB
Thailand pertahankan suku bunga acuan 2,5%
Thailand pertahankan suku bunga acuan 2,5%
A A A
Sindonews.com - Bank Sentral Thailand (Bank of Thailand) meninggalkan suku bunga acuan tidak berubah di angka 2,5 persen, yang ditetapkan sejak Mei lalu, setelah ekonomi tergelincir ke dalam resesi.

Komite Kebijakan Moneter (MPC), Bank Sentral Thailand mengatakan, kebijakan akomodatif saat ini diperlukan dan tepat mengingat keadaan ekonomi yang tenang.

"Ekonomi Thailand terus melunak pada kuartal kedua. Dimana konsumsi swasta, terutama mobil dan barang tahan lama melambat karena memudarnya stimulus dari pajak mobil, serta beban utang rumah tangga yang lebih tinggi," terang MPC, seperti dilansir dari AFP, Rabu (16/10/2013)

Thailand telah menderita kontraksi ekonomi dalam dua kuartal berturut-turut, menyusut 0,3 persen dalam tiga bulan hingga Juni, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dan tiga bulan sampai Maret sebesar 1,7 persen.

"Kami percaya bahwa bank sentral kemungkinan akan mulai menaikkan suku bunga secara bertahap pada pertengahan tahun depan. Namun, dengan ekonomi yang kemungkinan lemah dan inflasi sangat rendah, laju pengetatan cenderung lambat, " tulis MPC.
(dmd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1198 seconds (10.55#12.26)