Sinar Mas akan dorong pembiayaan petani plasma sawit

Senin, 21 Oktober 2013 - 18:54 WIB
Sinar Mas akan dorong pembiayaan petani plasma sawit
Sinar Mas akan dorong pembiayaan petani plasma sawit
A A A
Sindonews.com - Wakil ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Bidang Agribisnis dan Pangan, Franky Widjadja mengatakan banyak hal yang akan dilakukan Kadin dalam mendukung ketahanan pangan.

Salah satunya adalah menggenjot produktivitas petani sebesar 20 persen yang terbukti dapat mengurangi kemiskinan sebesar 20 persen secara hitung-hitungan global.

"Itu akan dilakukan di produsen (petani/peternak) beras, susu, kelapa sawit, kedelai dan juga jagung," ujar Franky di Hotel Park Lane, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Khusus dalam kelapa sawit seperti yang telah dikembangkan perusahaannya, CEO Sinar Mas tersebut akan memberikan kemudahan pembiayaan kepada petani plasma, karena produktivitas petani plasma masih cukup rendah. "Apalagi lahan sawit plasma mencapai 9,2 juta hektare atau 40 persen," terangnya.

Franky mengungkapkan produktivitas petani plasma masih cukup rendah, hanya sekitar 2 sampai 2,5 ton per tahun. Sedangkan produksi korporasi bisa mencapai 5 sampai 6 ton per tahun.

"Jadi kita pikirkan bagaimana dukungan pembiayaan untuk re-planting dan menambah ongkos hidup sawit selama 4 tahun. Itu dapat meningkatkan keuntungan sebesar USD16 miliar dengan asumsi keuntungan USD8.000 dolar per hektare," jelasnya.

Namun Franky memastikan hal tersebut tidak akan berjalan tanpa guidance yang jelas dari pemerintah. "Tanpa Juklak (petunjuk pelaksanaan) dan juknis (petunjuk teknis) dari pemerintah tidak akan berjalan," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)