ECB mulai uji pengawasan di 124 bank Zona Euro

Rabu, 23 Oktober 2013 - 19:55 WIB
ECB mulai uji pengawasan di 124 bank Zona Euro
ECB mulai uji pengawasan di 124 bank Zona Euro
A A A
Sindonews.com - Bank Sentral Eropa (ECB) mengatakan, bulan depan akan mulai memeriksa neraca 124 bank di Zona Euro. Ini sebagai stress test pertama sebelum mereka menjalankan pengawasan pada 2014.

ECB akan berusaha memeriksa pinjaman dan aset berisiko, kekurangan modal serta bahaya lain yang akan membuat bank rentan terhadap guncangan keuangan.

Presiden ECB Mario Draghi menyebut, proyek ini sebagai langkah penting bagi Eropa dan masa depan ekonomi kawasan euro. "Transparansi menjadi tujuan utama. Kami berharap bahwa penilaian ini akan memperkuat kepercayaan sektor swasta dalam kesehatan bank Zona Euro dan kualitas neraca mereka," kata Draghi, seperti dilansir dari Economic Times, Rabu (23/10/2013)

Daftar rekening 85 persen bank dari sistem perbankan Zona Euro, termasuk Deutsche Bank, BNP Paribas, UBS, ABN AMRO, Banco Santander dan Bank of Cyprus.

"Penilaian yang komprehensif akan melihat risiko utama, meninjau kualitas aset bank dan termasuk stress test untuk menguji ketahanan neraca bank untuk skenario stres," kata ECB.

Selain membangun transparansi dan mengambil tindakan perbaikan yang diperlukan latihan dengan tujuan memastikan semua pemangku kepentingan, bahwa bank secara fundamental sehat dan dapat dipercaya.

ECB pada akhir 2014 akan mengambil peran baru sebagai pengawas tunggal bank di Zona Euro, yang akan memiliki menjadi 18 negara mulai Januari ketika Latvia bergabung dengan blok mata uang tunggal.

Mekanisme pengawasan tunggal (SSM) merupakan bagian dari proyek serikat perbankan Eropa, yang akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan puncak di Brussels, Belgia, pekan ini.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4968 seconds (0.1#10.140)