Bank BNI fasilitasi kredit KAI Rp4 T

Jum'at, 08 November 2013 - 14:19 WIB
Bank BNI fasilitasi...
Bank BNI fasilitasi kredit KAI Rp4 T
A A A
Sindonews.com - Kerja sama antar perusahaan BUMN terus berlanjut, kali ini terjadi antara bank BNI dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), dimana BNI akan memberikan fasilitas kredit serta memberikan layanan cash bagi management KAI.

"BNI telah menyiapkan fasilitas kredit ke KAI sebesar Rp4 triliun. Saat ini, fasilitas kredit yang telah dicairkan sebesar Rp1 triliun," ungkap Direktur Bisnis BNI, Khrisna R Suprapto, di Kantor Pusat BNI, Jakarta, Jumat (8/11/2013)

Adapun fasilitas kredit tersebut berupa kredit sindikasi pembelian gerbong dan lokomotif di Jawa dan Sumatera serta kredit bilateral untuk operasional KAI.

Fasilitas kredit lain adalah kredit untuk anak perusahaan KAI, yaitu PT KAI Commuter Jabodetabek untuk pembelian loko komuter Jabodetabek dan kredit sindikasi kepada KAI dan anak usahanya, PT Railink, untuk pembelian kereta Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, BNI juga memberikan layanan cash management ke KAI. Layanan tersebut berupa cash pickup service untuk 117 stasiun KAI di 9 daerah operasi (daop) dan 3 divisi regional (divre) KAI. Selain itu, BNI juga memberikan layanan pembayaran elektronik, pembayaran pajak elektronik, serta identifikasi setoran stasiun dan top-up agen.

"BNI juga akan memasang mesin electronic data capture (EDC) BNI di loket KAI serta melayani e-ticketing untuk kereta api Pramex jurusan Yogyakarta-Solo, pembayaran gaji alias payroll dan kartu multifungsi bagi 27.000 pegawai KAI," jelasnya.

Menurut Khrisna, pemberian layanan jasa perbankan kepada KAI ini akan menambah pundi-pundi pendapatan komisi BNI. Bank milik negara ini berharap seluruh traksaksi moda transportasi bisa menggunakan kartu pembayaran dari BNI. Maklum, pendapatan komisi dari transaksi KAI cukup besar lantaran frekuensi transaksi per bulan cukup tinggi. "Nilainya sekitar puluhan miliar per tahun," ucap Krishna.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1875 seconds (0.1#10.140)