Kemenpera bangun rusunawa ponpes di Garut

Kamis, 14 November 2013 - 12:49 WIB
Kemenpera bangun rusunawa ponpes di Garut
Kemenpera bangun rusunawa ponpes di Garut
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) membangun rumah susun sewa (rusunawa) pondok pesantren (ponpes) Suci di Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan dana sebesar Rp3 miliar.

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengatakan, pondok pesantren merupakan pondok yang sangat memperhatikan pendidikan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Hanya pondoklah yang saya lihat tidak menetapkan biaya uang sekolah dan juga tidak pernah menagih uang makan dan minum," kata Djan dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (14/11/2013).

Rusunawa Ponpes Suci akan dibangun sebanyak 1 twin block (TB), yang terdiri dari tiga lantai dan setiap unit kamarnya dapat memuat delapan orang, dengan ukuran 9x6 meter dan anggarannya Rp3 miliar. Diperkirakan Rusunawa Ponpes Suci ini dapat menampung sebanyak 200 orang santri.

Selain memberikan bantuan pembangunan rusunawa, Kemenpera juga memberikan bantuan pembangunan MCK komunal yang dapat digunakan oleh para santri di Ponpes Suci. Jumlah MCK Komunal yang dibangun sebanyak 10 buah yang terdiri dari lima buah kamar mandi dan lima buah untuk BAB.

Sementara itu, Kemenpera sepanjang 2013 telah membangun rusunawa ponpes di sejumlah kabupaten maupun kota di beberapa provinsi di Indonesia.

Untuk tahun 2013, pembangunan rusunawa ponpes juga dilakukan di daerah-daerah lain, seperti Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, Cianjur, Karawang, Tasikmalaya, Banjarnegara, Blora, Demak, Grobogan. Sementara untuk luar Jawa, yakni di Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Total rusunawa ponpes di seluruh Indonesia yang sudah dikontrak dan dalam tahap pembangunan sebanyak 78 TB.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4697 seconds (0.1#10.140)