CIMB Niaga gandeng UGM latih pelaku usaha UMKM

Jum'at, 15 November 2013 - 12:29 WIB
CIMB Niaga gandeng UGM latih pelaku usaha UMKM
CIMB Niaga gandeng UGM latih pelaku usaha UMKM
A A A
Sindonews.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menggandeng Universitas Gajah Mada (UGM) dalam program pelatihan usaha bagi para nasabah/debitur Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) CIMB Niaga. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pelaku usaha UMKM, sehingga menjadi produktif, kreatif dan berdaya saing tinggi.

Wakil Presiden Direktur sekaligus Direktur Small Medium Micro Enterprise CIMB Niaga D James Rompas mengatakan, kegiatan CSR CIMB Niaga ditujukan untuk pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan yang bermanfaat bagi seluruh stakeholders CIMB Niaga.

“Akademi UMKM adalah implementasi dari corporate social responsibility (CSR) CIMB Niaga,” kata James saat Pelatihan Usaha Akademi UMKM CIMB Niaga di Yogyakarta, Jumat (15/11/2013).

Dia melanjutkan, perseroan juga telah mengintegrasikan kegiatan CSR-nya ke dalam unit-unit usaha di CIMB Niaga, salah satunya melalui pembentukan Akademi UMKM CIMB Niaga.

Menurut James, melalui pelatihan oleh tenaga pengajar berpengalaman dari UGM serta praktisi perbankan dari CIMB Niaga, diharapkan kegiatan ini bisa membekali, menumbuhkan dan mengajak pelaku usaha lebih kreatif, inovatif dan berani bersaing di pasar yang makin kompetitif.

Adapun peserta yang dipilih untuk batch pertama ini sebanyak 20 nasabah CIMB Niaga yang memiliki basis usaha di bidang UMKM di area Jawa Tengah I, meliputi Sleman, Prambanan, Cilacap, Purbalingga, Purwokerto dan Kartasurya. Sementara pada 2014 akan ada 280 pengusaha mikro yang akan dilatih.

Ketua Tim Penelitian dan Pelatihan Ekonomi dan Bisnis (P2EB) UGM Eduardus Tandelilan menambahkan, persyaratan peserta dibuat semudah mungkin, dengan kriteria meliputi size bisnis dan omzet, kualitas/kinerja usaha serta hubungan bisnis dengan CIMB Niaga.

“Seluruh peserta yang terpilih selanjutnya mengikuti pelatihan dengan materi yang mencakup kebutuhan serta penyelesaian masalah yang kerap dihadapi pelaku usaha UMKM. Materi tersebut, antara lain manajemen usaha, permodalan, entrepreneurship dan leadership,” tambah dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5695 seconds (0.1#10.140)