Kepercayaan bisnis di Jerman November menguat

Jum'at, 22 November 2013 - 17:52 WIB
Kepercayaan bisnis di Jerman November menguat
Kepercayaan bisnis di Jerman November menguat
A A A
Sindonews.com - Kepercayaan bisnis di Jerman secara mengejutkan meningkat pada November 2013, setelah surut pada Oktober lalu.

Indeks iklim bisnis ekonomi dari institut Ifo, ukuran kunci suasana di sektor industri dan perdagangan terbesar Eropa itu naik menjadi 109,3 poin dari 107,4 poin di bulan sebelumnya. Sementara analis yang disurvei Dow Jones Newswires memperkirakan kenaikan ke 107,7 poin.

Kepercayaan bisnis dianggap menjadi indikator utama yang dapat diandalkan dari kinerja ekonomi dan keyakinan Jerman, sebagai motor utama Zona Euro dan seluruh Eropa.

Presiden Ifo Hans-Werner Sinn mengatakan, ekonomi Jerman melihat ke depan untuk musim dingin dengan penuh keyakinan. "Harapan Perusahaan tentang perkembangan bisnis naik ke level tertinggi sejak musim semi 2011," ujarnya, seperti dilansir dari AFP, Jumat (22/11/2013).

Ifo menghitung indeks utama pada dasar penilaian bisnis perusahaan saat ini dan prospek untuk enam bulan ke depan.

Sub-indeks mengukur bisnis saat ini naik menjadi 112,2 poin pada November dari 111,3 poin di bulan sebelumnya. Sementara prospek sub-indeks ke depan melonjak dari 103,7 poin menjadi 106,3 poin.

"Ekspektasi bisnis produsen jelas lebih optimis," kata Sinn, sambil menambahkan bahwa mereka percaya ekspor akan meminjamkan lebih banyak momentum.

Setelah jatuh selama tujuh kali berturut-turut, kepercayaan bisnis dalam konstruksi mengalami kenaikan yang kuat. "Meskipun penilaian dari situasi bisnis saat ini agak kurang positif, kontraktor jauh lebih optimis atas prospek bisnis masa depan mereka dari bulan lalu," jelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7940 seconds (0.1#10.140)