JV PBRX-Mitsubishi Corporation beroperasi akhir 2013

Rabu, 27 November 2013 - 11:40 WIB
JV PBRX-Mitsubishi Corporation beroperasi akhir 2013
JV PBRX-Mitsubishi Corporation beroperasi akhir 2013
A A A
Sindonews.com - PT Pan Brothers Tbk (PBRX) dan perusahaan Jepang, Mitsubishi Corporation mendirikan perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan bernama PT Eco Smart Garment Indonesia (ESGI) dan ditargetkan beroperasi akhir tahun ini.

Perusahaan patungan dengan modal Rp10 miliar ini telah mendapatakan izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Perusahaan ini akan memiliki kegiatan usaha, meliputi perindustrian, industri pencetakan tekstil dan pakaian, perdagangan hasil usaha industri tersebut serta mengimpor dan mengekspor pakaian jadi.

Dalam keterangan perseroan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (27/11/2013) dijelaskan bahwa dalam perusahaan patungan ini, perseroan akan memiliki mayoritas saham atau mencapai 85 persen dari modal saham yang ditempatkan dan setor penuh. Sedangkan Mitsubishi Corporation akan memiliki sisanya atau 15 persen.

JV ini akan dilaksanakan pada tahun ini, dan selanjutnya akan meningkatkan permodalan ESGI secara bertahap. Peningkatan permodalan tahap kedua, selambat-lambatnya akan dilakukan pada 2014, dengan meningkatkan modal menjadi USD30 juta, dimana PBRX sebesar USD25,5 juta dan Mitsubishi Coproration USd4,5 juta. Nilai tersebut dimungkinkan ditingkatkan menjadi USD60 juta, dengan modal dasar USD120 juta.

Rencananya, JV ini akan mendirikan tujuh pabrik. empat pabrik akan beroperasi secara komersial pada pertengahan 2014 dan dua pabrik pada pertengahan 2015. Sedangkan satu pabrik akan beroperasi secara komersial pada pertengahan 2016. Adapun, nilai investasi pembangunan pabrik tersebut diperkirakan mencapai USD60 juta.

JV ini akan memperkuat posisi perseroan dan membuka peluang pasar JV tersebut. Di samping itu, JV ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan perseroan secara signifikan dalam tempo lima tahun ke depan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6120 seconds (0.1#10.140)