Suzuki luncurkan Karimun Wagon R di Bandung

Jum'at, 29 November 2013 - 19:17 WIB
Suzuki luncurkan Karimun Wagon R di Bandung
Suzuki luncurkan Karimun Wagon R di Bandung
A A A
Sindonews.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan mobil murah low cost green car (LCGC), Karimun Wagon R Inovasi di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Produk ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan Suzuki di Indonesia.

Managing Director PT SIS, Seiji Itayama mengatakan, Karimun Wagon R merupakan jawaban Suzuki atas program LCGC pemerintah. Mobil ini merupakan pengembangan dari brand pendahulunya, Karimun. Namun dimodifikasi menjadi mobil dengan kapasitas tertentu serta harga terjangkau.

Di beberapa negara, Karimun Wagon R mendapat respon positif. Suzuki mencatat penjualan mobil sejenis mencapai 4,5 juta unit. Mobil ini, juga mendapat animo paositif dari beberapa negara seperti India. "Atas dasar itu, kami mencoba menargetkan kendaraan ini ke pangsa pasar Indonesia," jelas dia saat launching Suzuki Wagon R di Bandung Indah Plaza (BIP), Kota Bandung, Jumat (29/11/2013).

Sejak pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia Motor Show (IMS) 2013, Karimun Wagon mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia. Hingga kini, PT SIS mencatat indent hingga 4.000 unit. Jumlah tersebut diperkirakan terus bertambah hingga akhir tahun, sejalan minat masyarakat pada mobil murah.

Di Jabar, indent Karimun Wagon R mencapai 200 unit. Sekitar 80 unit telah sampai ke tangan konsumen. Hingga akhir tahun, pihaknya berharap Jabar berkontribusi terhadap penjualan mobil LCGC Suzuki sekitar 970 unit per tahun. Seiji berharap, mobil ini meningkatkan market penjualan Suzuki di Indonesia.

Pada 2014, market mobil diperkirakan mencapai 1,5 juta unit dari perkirakaan penjualan 2013 sekitar 1,2 juta unit. "Tahun depan, Suzuki juga memproyeksikan peningkatan penjualan menjadi 200.000 unit dari proyeksi penjualan 2013 sekitar 160.000 unit," imbuh dia.

Karimun Wagon R diharapkan berkontribusi besar terhadap peningkatan market share Suzuki di Indonesia.

Direktur PT Nusantara Jaya Sentosa Mieke T Sugono menjelaskan, Karimun Wagon R terdiri dari tigas varian yaitu Karimun Wagon R-GX, Karimun Wagon R-GL, dan Karimun Wagon R-GA. Harga on the road Bandung dan sekitarnya untuk Karimun Wagon R-GA dibanderol Rp78.900.000, Karimun Wagon R-GL Rp91.900.000, dan Karimun Wagon R-GX Rp101.900.000.

"roduk ini hadir untuk menyelaraskan kebutuhan transportasi yang multiguna, gaya hidup ramah lingkungan, serta memberikan kenyamanan dan kemudahan perjalanan masyarakat Indonesia," jelas dia.

Untuk menunjang performanya, Karimun Wagon R menggunakan mesin generasi terbaru K10B. Serta memiliki DOHC ringan dan bertenaga dengan mesin 998 cc, 12 valve dengan tiga silinder bertenaga 68 PS/6200 RPM. Torsi Karimun Wagon R 90NM sehingga membuat mobil ini lebih bertenaga serta ditunjang transmisi manual 5-percepatan.

Karimun Wagon R memiliki ciri khas pada sisi ekterior, yakni dilengkapi dengan lampu utama yang multi reflektor blue eyes berdesain modern dan mewah. Cahaya didesain lebih terang, fokus dan jangkauan lebih luas. Ditambah logo burung garuda yang disematkan di grill depan menunjukkan keseriusan Suzuki di pasar Indonesia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0767 seconds (0.1#10.140)