Mahathir Mohamad mundur dari Petronas

Senin, 02 Desember 2013 - 17:33 WIB
Mahathir Mohamad mundur dari Petronas
Mahathir Mohamad mundur dari Petronas
A A A
Sindonews.com - Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengundurkan diri sebagai komisaris perusahaan minyak Petronas, yang dipegangnya sejak lengser dari pemerintahan pada 2003.

Dilansir dari Reuters, Senin (2/12/2013), surat kabar New Straits Times menulis Mahathir, 88 telah mengundurkan diri dari jabatan efektif per 1 Desember 2013. Pihak Mahathir tidak segera mengkonfirmasi pengunduran dirinya dan mengatakan akan mengeluarkan pernyataan pada beberapa hari kemudian.

Sementara surat kabar Star melaporkan, bahwa Mahathir telah memutuskan mundur berdasarkan saran dari tim dokter. Mahathir dirawat di rumah sakit bulan lalu akibat infeksi dada, meskipun secara umum baik, sering muncul dalam wawancara dan mengkritik pemerintah.

Mahathir mengundurkan diri sebagai perdana menteri setelah 22 tahun berkuasa dan diangkat sebagai penasihat Petronas, serta produsen mobil nasional Proton.

Peran tersebut telah dikritik beberapa pengamat yang mengatakan Mahathir telah menggunakan pengaruhnya untuk memastikan kontrak diambil sekutu dan rekan bisnisnya. Mahathir membantah tuduhan tersebut.

Petronas secara luas dianggap sebagai salah satu BUMN yang paling efisien di Malaysia menempatkan dirinya sebagai pemain energi global dalam beberapa tahun terakhir. Mereka menghabiskan sekitar USD5 miliar pada tahun lalu untuk meraup aset energi shale di Kanada.

Di dalam negeri, perusahaan tetap berada di bawah tekanan untuk memenuhi peran sosial dan politik. Petronas menjadi sumber pendapatan terbesar pemerintah dan pilar kebijakan nasional untuk mempromosikan peran ekonomi yang lebih besar bagi mayoritas etnis Melayu.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)