PNM Kendari tumbuh signifikan

Jum'at, 13 Desember 2013 - 17:58 WIB
PNM Kendari tumbuh signifikan
PNM Kendari tumbuh signifikan
A A A
Sindonews.com - Bisnis pembiayaan mikro PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM di wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami akselerasi cukup signifikan dalam empat tahun terakhir.

Terhitung sejak beroperasi pada Februari 2010 hingga November 2013, PNM Cabang Kendari telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp191,6 miliar kepada 3.711 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dalam empat tahun terakhir rata-rata pertumbuhan pembiayaan ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) di Kendari sekitar 35 persen per tahun, dengan pertambahan jumlah debitur berkisar 40 persen per tahun," ujar Pemimpin PNM Cabang Kendari Wisnandi Habang dalama rilis, Jumat (13/12/2013).

Menurutnya, meski pembiayaan digenjot, PNM tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian guna menjaga rasio kredit bermasalah atau Non Performing Loan (NPL) berada di di level yang aman.

Rasio kredit bermasalah PNM Cabang Kendari pada November 2013 tercatat sebesar 1,79 persen, turun signifikan dibandingkan dengan posisi NPL November 2012 yang sebesar 2,04 persen. Sampai saat ini PNM Cabang Kendari telah membawahi 13 kantor ULaMM, yang dikelompokan ke dalam dua klaster, yakni Klaster Kendari dan Bau-Bau.

Kepala Divisi Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) PNM, Ibrahim Salim menuturkan, PNM tidak hanya melihat UMKM sebagai pasar, tetapi juga aset bisnis yang harus ditingkatkan kapasitas usahanya.

Karena itu, PNM secara regular aktif menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha sebagai bentuk retensi kepada nasabah. "Pelatihan dilakukan berjenjang, baik di tingkat unit atau ULaMM, Klaster atau gabungan beberapa unit hingga cabang," terangnya.

Seperti halnya pada pelatihan reguler debitur PNM Cabang Kendari pada hari ini. Sedikitnya 75 debitur UMKM yang berasal dari beberapa wilayah operasional ULaMM terlibat sebagai peserta.

Saiful Azmi, pelaku dan konsultan bisnis mikro, didaulat sebagai pemateri. Hadir pula dalam kesempatan tersebut para pejabat dari Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakil Ketua DPRD Konawe Selatan dan Muspica Buke.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4791 seconds (0.1#10.140)