Daging sapi di DIY tembus Rp103 ribu/kg

Selasa, 17 Desember 2013 - 17:05 WIB
Daging sapi di DIY tembus...
Daging sapi di DIY tembus Rp103 ribu/kg
A A A
Sindonews.com - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2014, harga sejumlah komoditas mengalami kenaikan. Komoditas yang paling menonjol kenaikannya adalah daging. Di Kota Yogyakarta, harga daging sapi sudah menembus Rp103.000 per kilogram (Kg).

Hasil pantauan harga yang dilakukan Biro Administrasi Perekonomian dan SDA Setda DIY, Selasa (17/12/2013) menyebutkan, harga daging sapi mengalami kenaikan Rp7 ribu per kg dibanding pekan sebelumnya.

Di Pasar Bringharjo pekan sebelumnya Rp98 ribu per kg menjadi Rp103 ribu per kg, sedangkan di Pasar Kranggan dari Rp96 ribu per kg menjadi Rp103 ribu per Kg.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Sigit Purwadi mengakui, kenaikan harga daging sapi menjadi perhatian yang patut diwaspadai. "Kenaikannya memang signifikan menjelang Natal dan Tahun Baru. Ini perlu diwaspadai," katanya dalam keterangan pers usai pantauan harga sembako, Selasa (17/12/2013).

Pemantauan harga sembako dilakukan di empat pasar di DIY yang dianggap representatif. Keempat pasar tersebut selain Bringharjo dan Kranggan (Kota Yogyakarta) juga dilakukan di Pasar Piyungan (Bantul) dan Prambanan (Sleman).

Menurutnya, kenaikan harga daging sapi lebih banyak dipengaruhi antara supply and demand tidak seimbang. "Jadi pasokan tetap namun permintaan melonjak. Tapi ini bukan semata-mata karena populasi sapi di DIY menurun," jelasnya.

Sigit mengatakan, untuk bisa mengantisipasi kenaikan harga daging sapi tidak haya dilakukan pemerintah setempat. "Karena komoditas daging sapi ini termasuk lintas daerah, memang perlu kerja sama pemerintah antar daerah. Kita akan melakukan hal itu," jelasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)