SIDO akan bangun pabrik di Ungaran tahun depan

Rabu, 18 Desember 2013 - 11:28 WIB
SIDO akan bangun pabrik...
SIDO akan bangun pabrik di Ungaran tahun depan
A A A
Sindonews.com - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) terus meningkatkan perkembangan bisnisnya, salah satunya dengan rencana pembangunan pabrik bahan baku serta pabrik Tolak Angin pada tahun depan.

Pabrik yang rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 10 hektar (ha), diproyeksikan membutuhkan dana sekitar Rp365,4 miliar atau setara 42 persen dari dana hasil initial public offering (IPO) sebesar Rp870 miliar.

"Kami akan bangun pabrik dengan luas 10 hektar, tanahnya di sekitar pabrik kita di Klepu, Ungaran. Pembangunan dimulai tahun depan dan direncanakan selesai 1,5 tahun," ujar Direktur Utama SIDO Irwan Hidayat di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Perseroan saat ini masih dalam proses perizinan dari warga sekitar untuk membangun pabrik. Diproyeksikan harga tanahnya senilai Rp1 juta per meter persegi (m2).

Irwan menjelaskan, bila pabrik baru ini telah selesai dibangun diharapkan dapat langsung berkontribusi dalam mendongkrak kapasitas produksi bahan baku menjadi empat kali lipat. Sedangkan kapasitas produksi pabrik Tolak Angin bertambah dua kali lipat.

Penambahan kapasitas produksi tersebut ditargetkan akan meningkatkan penjualan hingga Rp2,8 triliun, dengan laba bersih diperkirakan mencapai Rp450 miliar pada tahun depan.

"Kita ingin produk Tolak Angin menjadi nomor satu, makanya kita tingkatkan terus kapasitasnya. Tolak Angin bisa naik dua kali lipat, 70-80 persen dari kapasitas," kata Irwan.

Untuk mendukung peningkatan kapasitas produksi perseroan juga menyiapkan mesin-mesin yang diimpor dari Jerman. Penambahan mesin akan meningkatkan kapasitas produksi 10-20 persen di tahun depan.

"Kami persiapkan mesin-mesin impor dari Jerman untuk ekstraksi dan lain-lain untuk suplai produksi Sido Muncul serta produk-produk lainnya. Lalu kami ekspor karena pasar masih luas," papar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1158 seconds (0.1#10.140)