SBY lantik M Lutfi sebagai Mendag Jumat pekan ini

Rabu, 12 Februari 2014 - 11:38 WIB
SBY lantik M Lutfi sebagai Mendag Jumat pekan ini
SBY lantik M Lutfi sebagai Mendag Jumat pekan ini
A A A
Sindonews.com - Guna mengisi posisi jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) yang kosong, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono (SBY) hari ini mengumumkan nama penggati untuk mengisi jabatn tersebut.

Muhammad Lutfi akan dilantik secara resmi sebagai Mendag oleh Presiden SBY pada Jumat (14/2/2014). Dia menggantikan Gita Wirjawan yang mundur karena ingin fokus pada pemilihan calon presiden.

"Saya akan lantik saudara Lutfi Jumat mendatang dan saya persilakan proses serah terima secara resmi (dengan Gita Wirjawan), walaupun saya sudah tahu keduanya sudah melakukan serah terima," kata Presiden SBY dalam keterangannya, Rabu (12/2/2014).

Presiden SBY mengatakan, memberikan kepercayaan kepada M Lutfi dengan harapan perdagangan Indonesia menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia. Sebelum menunjuk M Lutfi menggantikan Gita Wirjawan, SBY mengaku telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Meskipun belum pulih perekenomian global harus berusaha sekuat tenaga ekspor kita kalau bisa menemukan pasar baru. Juga tugas Menteri Perdagangan dalam kerja sama G20 atau kerja sama Asean, APEC. Saya beri perhatian khusus agar Menteri Perdagangan melakukan diplomasi efektif agar Indonesia tidak mengalami perdagangan yang tidak fair terutama perdagangan kelapa sawit," tutur SBY.

M Lutfi sebelumnya pernah aktif sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan baru saja mengakhiri masa tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk Jepang merangkap Mikronesia. Dia bisa dikatakan bukan baru di pemerintahan Presiden SBY.

Di bidang perdagangan, Lutfi cukup dikenal mengingat kiprahnya yang juga sebagai salah satu pengusaha nasional. Lutfi bahkan pernah jadi Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jakarta periode 1998-2001, dan menjabat sebagai Ketua BPP HIPMI periode 2001-2004.

Pada Senin (10/2/2014), M Lutfi telah dipanggil Presiden SBY ke kediaman pribadinya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Dia diberi tahu akan menjadi Menteri Perdagangan dan harus berkoordinasi dengan sejumlah menteri ekonomi.

M Lutfi merupakan lulusan Program in Economic Purdue University, West Lafayette, Indiana, AS (1992) dan Finance for Nonfinancial Managers New York University, AS (1992).
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0303 seconds (0.1#10.140)