Pefindo turunkan peringkat dan prospek INAF

Rabu, 12 Februari 2014 - 17:27 WIB
Pefindo turunkan peringkat dan prospek INAF
Pefindo turunkan peringkat dan prospek INAF
A A A
Sindonews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat PT Indofarma Tbk (INAF) dan medium terms notes (MTN) I/2012 menjadi idBBB+ dari idA-.

Analis Pefindo Anies Setyaningrum mengatakan, penurunan peringkat tersebut dipicu melemahnya marjin keuntungan INAF karena adanya kenaikan biaya tenaga kerja dan bahan baku akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Selain itu, renovasi selama Februari-Juli 2013 cukup mengganggu fasilitas produksi INAF, yang akan mengakibatkan kenaikan biaya toll manufacturing," kata dia dalam rilisnya, Rabu (12/2/2014).

Dia menjelaskan, marjin keuntungan yang rendah menyebabkan menurunnya leverage keuangan dan rasio perlindungan arus kas. Karena faktor ini, Pefindo merevisi prospek peringkat INAF dari stabil menjadi negatif.

"Karena kami memperkirakan kinerja keuangan INAF dalam jangka pendek akan semakin melemah jika perusahaan tidak dapat menyesuaikan harga jual untuk mengimbangi kenaikan biaya bahan baku dan tidak dapat mencapai target penjualan," ujar dia.

Peringkat INAF, dia menambahkan, dapat diturunkan lagi jika tidak ada pemulihan signifikan pada profitabilitas, leverage keuangan dan perlindungan arus kas INAF. Namun, Pefindo dapat merevisi prospek menjadi stabil jika perusahaan dapat mengelola biaya produksi dan menyesuaikan harga jual yang akan memperabiki kinerja keuangan.

Sementara itu, peringkat yang diberikan mencerminkan potensi pertumbuhan segmen obat generik dan posisi pasar INAF yang kuat. Namun, peringkat tersebut dibatasi perlindungan arus kas yang lemah, adanya kapasitas yang tidak terutilisasi secara optimal dan resiko fluktuasi harga bahan baku.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1339 seconds (0.1#10.140)