Pemerintah kaji kurangi porsi PNS bidang administrasi

Senin, 24 Februari 2014 - 12:21 WIB
Pemerintah kaji kurangi porsi PNS bidang administrasi
Pemerintah kaji kurangi porsi PNS bidang administrasi
A A A
Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengaku tengah melakukan diskusi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Abubakar guna merombak komposisi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di masa mendatang.

Dalam kajian dua kementerian tersebut, Gamawan menjelaskan, dibahas tentang efisiensi jumlah PNS bidang administrasi dan meningkatkan jumlah PNS tenaga ahli, seperti guru, tenaga kesehatan dan tenaga ahli di sejumlah bidang lainnya.

"Saya pikir, kita tidak perlu kalau cuma menambah tenaga administrasi karena yang dibutuhkan saat ini adalah tenaga ahli, seperti guru, tenaga kesehatan dan semacamnya," kata Gamawan di sela acara "Kick Off Meeting Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA)" di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (24/2/2014).

Dia menuturkan, ketimbang harus mengeluarkan biaya besar hanya untuk menggaji PNS yang bekerja di bidang administrasi, anggaran dengan jumlah yang sama justru dapat digunakan untuk investasi di bidang pengembangan teknologi. Hal itu pada akhirnya akan meningkatkan efisiesnsi kinerja Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintahan daerah (pemda).

"Tenaga administrasi itu kita kurangi dan kita orientasikan ke IT (information technology). Itu kan lebih baik. Rasio ini yang akan kita bicarakan seperti ini, apa manfaatnya untuk masyarakat banyak. Sekarang belanja pegawai porsinya sudah turun. Ya semoga dengan ini akan lebih baik kan, sehingga aparatur yang ada itu menjadi efektif," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9589 seconds (0.1#10.140)