Fitra: Pemerintah tak serius renegosiasi kontrak karya

Senin, 10 Maret 2014 - 16:44 WIB
Fitra: Pemerintah tak serius renegosiasi kontrak karya
Fitra: Pemerintah tak serius renegosiasi kontrak karya
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Keuangan (Fitra), Yenny Sucipto menilai pemerintah tidak serius melakukan renegosiasi kontrak karya (KK) perusahaan pertambangan.

Menurutnya, renegosiasi yang dilakukan pemerintah tersebut belum menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Selain itu, renegosiasi hanya berfokus pada perusahaan kecil. Perusahaan besar seperti Freeport dan Newmont, seharusnya diselesaikan terlebih dahulu.

"Renegosiasi hanya fokus pada perusahaan kecil saja, seperti produsen tembaga emas. Padahal perusahaan besar seperti Freeport berkontribusi besar terhadap penerimaan negara," kata dia saat konferensi pers, Senin (10/3/2014).

Dia menuturkan, jika proses renegosiasi ini tidak selesai tahun ini, maka penerimaan negara akan menurun. Mengingat pada 2013 penerimaan negara turun, dari target Rp263 triliun menjadi Rp136 triliun.

"Saya tidak tahu kenapa pemerintah tidak serius, apalagi ini sudah Maret. Pada Mei atau Juni sudah asumsi makro untuk tahun depan," ujar Yenny.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9710 seconds (0.1#10.140)