Lutfi minta kinerja ekspor ditingkatkan

Rabu, 12 Maret 2014 - 12:45 WIB
Lutfi minta kinerja ekspor ditingkatkan
Lutfi minta kinerja ekspor ditingkatkan
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), M Lutfi mengatakan, perlu adanya perhatian dalam upaya peningkatan ekspor Indonesia. Karena itulah, hari ini pihaknya melakukan rapat kerja hari ini.

"Rapat kerja Kemendag 2014 ini memiliki arti strategis bagi kesiapan sektor perdagangan Indonesia menghadapi persaingan yang sangat ketat dalam perkembangan perekonomian dunia yang sangat cepat," kata dia saat pembukaan Raker Kemendag 2014 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Menurutnya, poin penting yang menjadi pokok bahasan dalam raker ini, terkait perhatian terhadap peningkatan ekspor, stabilisasi harga bahan pokok, konsumen cerdas, diplomasi perdagangan internasional, serta kesiapan Indonesia menuju implementasi ASEAN Economic Community (AEC).

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia, perlu dibahas mengenai strategi peningkatan ekspor. Meliputi diversifikasi produk ekspor utama, peningkatan produk bernilai tambah, adaptasi produk, serta diversifikasi pasar ekspor.

"Diversifikasi pasar ekspor dilakukan melalui program misi pembelian (buying mission) dan misi dagang ke Afrika Selatan, Amerika Latin, Eropa Timur, Asia Selatan, dab Timur Tengah. Serta melakukan penguatan citra Indonesia melalui promosi dan nation branding," terangnya.

Lutfi telah menginstruksikan kepada perwakilan perdagangan di KBRI untuk memutuskan langkah antisipatif dan taktik melalui market intelligence di masing-masing negara.

"Peran stakeholder juga diperlukan untuk membuat strategi bersama Kemendag dalam meningkatkan ekspor produk bernilai tambah," ujarnya.

Karena itu, yang menjadi prioritas adalah proses transformasi industrialisasi ke arah industri berbasis nilai tambah tinggi secara gradual.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2570 seconds (0.1#10.140)