Mendag nilai impor bukan hal tabu

Rabu, 12 Maret 2014 - 14:59 WIB
Mendag nilai impor bukan hal tabu
Mendag nilai impor bukan hal tabu
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan (Mendag), M Lutfi mengatakan, impor bukanlah hal tabu yang tidak boleh dilakukan. Ketika pasokan yang ada di dalam negeri kurang, maka impor bukan menjadi hal tabu.

"Tugas yang utama adalah menjaga stabilitas harga untuk menjaga suplai berbanding dengan demand," ujarnya saat konferensi pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (12/3/2014).

Dia menjelaskan, pada saat harga jatuh, pihaknya harus mampu mengatur cara agar tidak terjadi kesulitan dan menjamin rakyat tidak terbebani. Karena itu, harus mengatur agar harga tetap terjangkau dan stabil.

Lutfi pun mengakui saat ini impor Indonesia masih tinggi, terutama untuk memenuhi kebutuhan pangan dan produk dalam negeri. "Masih ada impor untuk garam industri yang memiliki nilai keasinan tinggi," pungkasnya.

Meski demikian, Mendag tetap meminta adanya perhatian dalam upaya peningkatan ekspor Indonesia. Karena itulah, pihaknya melakukan rapat kerja hari ini.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia, perlu dibahas mengenai strategi peningkatan ekspor. Meliputi diversifikasi produk ekspor utama, peningkatan produk bernilai tambah, adaptasi produk, serta diversifikasi pasar ekspor.

"Diversifikasi pasar ekspor dilakukan melalui program misi pembelian (buying mission) dan misi dagang ke Afrika Selatan, Amerika Latin, Eropa Timur, Asia Selatan, dab Timur Tengah. Serta melakukan penguatan citra Indonesia melalui promosi dan nation branding," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7122 seconds (0.1#10.140)