OJK tingkatkan pengawasan perusahaan konglomerasi

Senin, 14 April 2014 - 12:27 WIB
OJK tingkatkan pengawasan perusahaan konglomerasi
OJK tingkatkan pengawasan perusahaan konglomerasi
A A A
Sindonews.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah meningkatkan pengawasannya di tengah banyaknya konglomerat bisnis yang terlibat dalam dunia politik serta kian besarnya tekanan ekonomi saat ini.

Menurut Ketua Tim Transisi Pengalihan Pengawasan Bank OJK Agus Siregar, tidak sedikit perusahaan yang melakukan kolongmerasi bisnis tumbang lantaran tingginya tekanan ekonomi pada beberapa kali krisis ekonomi yang sempat melanda pada waktu-waktu yang lalu.

"Kita lihat ada beberap perusahaan kolongmerasi di dunia yang ambruk setelah 2008 (krisis ekonomi)," ujar Agus di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (14/4/2014).

Belajar dari sejarah kelam tersebut, Agus menuturkan, pihaknya akan menjaga dan mengawasi perusahaan yang melakukan kolongmerasi, baik pada perusahaan induk maupun anak usahaannya.

Agus berpandangan, kalau perusahaan induk mampu mencatatkan kinerja yang bagus, maka akan bedampak positif terhadap kinerja anak usahanya yang pada akhirnya juga akan berdampak baik bagi perekonomian Tanah Air.

"Kita membentuk pengawasan integrasi group keuangan besar. Group keuangan besar itu baik dan sehat serta bagus buat perekonomian. Mereka pada dasarnya menggerakan dan mengalirkan darah perekonomian," tegas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5615 seconds (0.1#10.140)