Harga udang terus melambung tinggi

Minggu, 20 April 2014 - 17:17 WIB
Harga udang terus melambung tinggi
Harga udang terus melambung tinggi
A A A
Sindonews.com - Selain harga daging sapi yang kian menjulang, masyarakat dibayangi oleh harga bahan makanan laut yang terus melambung, salah satunya adalah udang.

Jenis udang yang tergolong tinggi harganya masih dipegang oleh udang besar atau lobster. Harga lobster perkilo sampai dengan hari ini, Minggu (20/4/14) masih statis di angka Rp150.000.

"Biasanya sekilo itu untuk udang lobster, isinya 8 buah. Kalau yang agak kecil jenisnya bisa dapat 9 atau 10 lobster," ungkap Mulyani selaku pedagang bahan makanan laut di pasar induk Kramatjati, Minggu (20/4/14).

Udang lobster yang dijual Mulyani biasanya mengikuti keinginan masyarakat. Jika ada yang memesan, dia baru akan membawakan. Jika tidak ada yang pesan, tidak akan dijual karena takut tidak laku mengingat harganya yang tinggi.

Selain harga udang lobster yang semakin meroket, udang-udang sedang pun ikut naik harganya. Dijelaskan Mulyani, selama ini dia menjual jenis udang sedang putih dan hitam. Harganya pun bervariasi.

"Udang putih sekarang harganya Rp70 ribu, yang hitam Rp90 ribu. Untuk perkilonya udang putih dan udang hitam biasanya berisi sekitar 50 ekor," jelasnya.

Kenaikan ini diakui Mulyani sudah selama 4 hari ini menjelang liburan panjang. Sampai hari ini pun harga udang putih dan hitam masih statis di angka tersebut. Namun menurutnya, itu semua sebanding dengan permintaan masyarakat selama libur panjang akhir pekan ini. Permintaan akan udang selama libur panjang ini mencapai dua kali lipat dari permintaan di hari biasa.

"Banyak yang beli udang dari Kamis malam kemarin. Meskipun harganya lumayan tinggi, tapi permintaan tetap banyak. Mungkin karena libur panjang juga. Jadi kitanya enggak usah pusing-pusing takut enggak laku meskipun harganya tinggi," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)