CIMB Niaga serahkan mobil unit donor darah ke PMI

Jum'at, 25 April 2014 - 14:03 WIB
CIMB Niaga serahkan mobil unit donor darah ke PMI
CIMB Niaga serahkan mobil unit donor darah ke PMI
A A A
Sindonews.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk melalui Unit Usaha Syariah-nya (CIMB Niaga Syariah) hari ini menyerahkan 1 unit mobil Unit Donor Darah (UDD) senilai Rp525 juta kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Inisiatif ini sebagai bentuk dukungan CIMB Niaga untuk membantu PMI memenuhi kebutuhan darah di Tanah Air.

Penyerahan mobil UDD ini merupakan bagian dari kerjasama kemitraan program Unifying Spirit for Humanity yang telah dilaksanakan dan ditandatangani pada 4 Juli 2013 bersama 19 Lembaga Mitra Kemanusiaan Amal dan Sosial dalam menyalurkan dana kebajikan syariah.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Arwin Rasyid berharap, kendaraan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam tersedianya kantong-kantong darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat. “Kebutuhan darah di Tanah Air terbilang cukup besar,” kata Arwin dalam siaran persnya, Jumat (25/4/2014).

Berdasarkan data PMI, setiap harinya dibutuhkan sekitar 15 ribu kantong darah. Adapun secara tahunan, kebutuhan kantong darah diperkirakan mencapai 2 persen dari jumlah penduduk secara nasional. Sayangnya, jumlah tersebut belum sebanding dengan donasi darah yang tersedia. Dan sebagian besar, ketersediaan darah tersebut umumnya disumbangkan oleh pendonor sukarela.

"Ketersediaan darah sangat terkait dengan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya secara sukarela dan berkelanjutan," lanjut kepada Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla.

Karenanya, lanjut Jusuf Kalla, salah satu strategi yang diterapkan PMI adalah 'jemput bola'. Artinya, PMI berupaya mengakses para pendonor sukarela ini ke sejumlah tempat, seperti gedung-gedung perkantoran hingga mal.

"Di sinilah, dibutuhkan mobil UDD yang lebih banyak lagi. Kami mengucapkan terima kasih kepada CIMB Niaga yang telah berpartisipasi dalam upaya kami ini," ungkap Jusuf Kalla.

PMI juga sangat mengapresiasi pendonor sukarela, seperti dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan CIMB Niaga di dua lokasi, yaitu Menara CIMB Niaga - Karawaci pada Kamis, (24/4), dan di Graha CIMB Niaga - Jakarta pada Jumat (25/4).

Menurutnya, aksi donor darah dengan tema ‘CIMB Niaga Peduli Sesama’ ini, diikuti karyawan/ti CIMB Niaga dan masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi tersebut.

Arwin melanjutkan, aksi donor darah ini menjadi bentuk solidaritas masyarakat, khususnya karyawan/ti CIMB Niaga dalam membantu sesama dan menambah persediaan darah di PMI.

Dia menuturkan, aksi ini sekaligus menjadi ajakan bagi mereka untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama, dan mengurangi risiko berbagai jenis penyakit bagi diri sendiri.

“Dari dua lokasi ini, kami harapkan dapat menghimpun 400 sukarelawan yang siap mendonorkan darah mereka sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Hasil donor darah ini selanjutnya akan kami sumbangkan kepada PMI untuk didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan,” kata Arwin.

Dia berharap, melalui kegiatan ini bisa meningkatkan rasa kepedulian masyarakat, khususnya karyawan/ti CIMB Niaga, serta sebagai upaya menjaga kesehatan. Karena, sekarang ini kesehatan menjadi satu hal yang sangat berharga.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7424 seconds (0.1#10.140)