Sentra oleh-oleh khas Depok hadir di Margonda

Selasa, 29 April 2014 - 19:50 WIB
Sentra oleh-oleh khas Depok hadir di Margonda
Sentra oleh-oleh khas Depok hadir di Margonda
A A A
Sindonews.com - Jika jalan-jalan ke Depok, pasti setiap pengunjung tak asing lagi dengan Jalan Margonda, Beji, Depok. Berbagai macam kuliner ditemukan di sepanjang jalan ini.

Namun, banyak masyarakat selama ini mengeluhkan sulitnya mencari oleh-oleh khas kota belimbing ini. Berbagai macam makanan dari mulai olahan belimbing, dodol, lidah buaya, jambu, singkong, hingga ikan pecak terkenal di kota ini.

Karena itu, Pemerintah Kota Depok menggandeng Rumah Makan Mang Kabayan untuk membuka pusat (sentra) oleh-oleh khas Depok di Rumah Makan Mang Kabayan, Jalan Raya Margonda, lantai 2.

"Ini tak lain sesuai amanat dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung tingkat partisipasi wisatawan yang datang ke Depok," ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Seni dan Pariwisata Kota Depok, Selasa (29/4/2014).

Menurutnya, dalam RPJMD diamanatkan 11 kecamatan harus memiliki sentra oleh-oleh khas Depok. Pihaknya berusaha mengembangkan usaha pariwisata dan ini harus sejalan dengan misi RPJMD, yakni meningkatkan daya saing dan potensi industri lokal.

"Mudah-mudahan dengan dibukanya sentra oleh-oleh khas Depok ini dapat diikuti kecamatan lain, kami targetkan per tahun harus 1,5 juta wisatawan ke Depok," paparnya.

Sementara, Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail mengungkapkan, bahwa sentra oleh-oleh yang berada di Rumah Makan Mang Kabayan itu merupakan yang pertama dimiliki oleh pemerintah kota.

"Pusat oleh-oleh khas Depok ini merupakan yang pertama dan lokasinya sangat strategis serta terletak di jalan utama. Terlebih tempatnya sudah memiliki brand yakni Rumah Makan Mang Kabayan," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bahwa setiap kecamatan nantinya dapat mengusung atau menghadirkan one village one produk. Dia juga berharap di setiap kecamatan memiliki ciri khas tersendiri.

"Dengan ini kami yakin mampu menyedot para wisatawan untuk berkunjung ke Depok. Namun begitu, pemilik produk juga harus memperhatikan produknya seperti harga dan kemasan," ungkapnya.

Berbagai macam produk olahan lidah buaya juga disuguhkan seperti minuman ataupun camilan kerupuk. Ada juga dendeng daun belimbing, keripik pisang buatan Depok, dodol Depok, serta olahan buah belimbing dewa dari mulai jus, dodol, sampai wingko.

Harganya pun cukup bersaing dari mulai Rp10.000 ke atas per produk. Selain makanan, ada pula produk lainnya seperti pakaian, handicraft, ataupun sovenir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7705 seconds (0.1#10.140)