SBR dan ORI akan berdampingan tahun ini

Jum'at, 02 Mei 2014 - 11:41 WIB
SBR dan ORI akan berdampingan tahun ini
SBR dan ORI akan berdampingan tahun ini
A A A
Sindonews.com - Pembukaan masa penawaran Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR001 telah dibuka hari ini. Program pemerintah ini merupakan program pertama pemerintah yang akan diadakan sekali dalam setahun pada semester pertama mulai 2-22 Mei 2014 dan penerbitan pada 30 Mei 2014. Sementara kemudian Obligasi Ritel Indonesia (ORI) pada semester kedua sekitar Agustus atau September.

Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Robert Pakpahan mengatakan, SBR ini nantinya akan dikeluarkan dua kali pada tahun ini.

"Ditargetkan penawaran obligasi ritel ini akan dilakukan dua kali, SBR semester pertama pada hari ini dan dan selanjutnya pada semester kedua nanti sekitar Agustus atau September," ujarnya pada peluncuran SBR001 di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Jumat (2/5/2014).

Dia mengungkapkan, telah terdapat 21 agen penjual yang akan memasarkan SBR001 kepada masyarakat. "Program ini punya peran yang sangat strategis, dimana kontribusi ORI SBN (Surat Berharga Negara) sebesar 1 persen pada 2013 dan 3 persen pada April 2014. Ritel outstanding per April 2014 sebesar 6 persen terhadap SBN," lanjutnya.

Robert juga menjelaskan, penawaran ini memiliki tujuan untuk menutup defisit pemerintah sekaligus menambah jumlah investor domestik. Selain itu, potensi pengembangan obligasi ritel akan terus berkembang karena didorong pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan.

"DPR Perbankan saat ini telah mencapai Rp3.750 triliun. Dengan penerbitan instrumen baru jadi keharusan karena pemerintah masih terus terbitkan obligasi SBN untuk refinancing maupun menutup defisit. Kita juga menambah instrumen baru untuk menambah jumlah investor domestik," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7233 seconds (0.1#10.140)