REI dukung Kemenpera galakkan rusunami di daerah

Selasa, 06 Mei 2014 - 14:49 WIB
REI dukung Kemenpera galakkan rusunami di daerah
REI dukung Kemenpera galakkan rusunami di daerah
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Eddy Hussy menyambut baik langkah Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) yang akan menggalakkan pembangunan rusunami di daerah.

Menurutnya, jumlah penduduk perkotaan khususnya di ibukota provinsi semakin padat. Sementara tanah untuk pembangunan kawasan perumahan semakin terbatas dan mahal.

Untuk mengatasi hal tersebut, solusinya dengan membangun hunian vertikal dengan penyediaan rumah susun di kawasan perkotaan. Saat ini mungkin belum semua provinsi siap untuk memiliki rusunami.

"Wilayah yang masih luas dengan rumah tapak yang terjangkau MBR membuat rusunami agak sulit untuk berkembang. Namun pengembang pasti akan mendukung program pemerintah sesuai daya beli masyarakat setempat," kata dia di Hotel Atlet, Jakarta, Selasa (6/5/2014).

Namun, lanjut Eddy, REI akan tetap pada target semula yaitu membangun sebanyak 120 ribu unit rumah pada 2014, seperti yang disampaikan pada awal tahun.

"Pembiayaan akan dilakukan melalui KPR FLPP. Namun jika tidak bisa terserap seluruhnya oleh KPR FLPP, karena kemampuan pemerintah terbatas, maka sisanya akan dijual melalui KPR non-subsidi sesuai mekanisme bunga bank komersial," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9575 seconds (0.1#10.140)