Freeport pilih bangun smelter sendiri

Rabu, 14 Mei 2014 - 16:18 WIB
Freeport pilih bangun smelter sendiri
Freeport pilih bangun smelter sendiri
A A A
Sindonews.com - Pemerintah menyatakan PT Freeport Indonesia akan menjadi pemilik mayoritas fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter), yang semula akan dikembangkan bersama PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Direktur Mineral dan Batubara Kemnterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sukhyar mengatakan, perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini akan membangun mayoritas smelter, dengan total biaya yang dikeluarkan senilai USD2,2 miliar. Namun, Antam tetap diperlukan untuk ikut berpartisipasi.

“Freeport yang akan bangun. Dia nyatakan tidak feasible berpartner, ya sudah dia maju sendiri. Antam nanti tetap masuk, tapi belum tahu partisipasinya,” kata dia di Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Menurut Sukhyar, pembangunan konstruksi smelter Freeport ditargetkan mulai direalisasikan tahun depan. Sementara Sekretaris Antam Tri Hartono mengungkapan bahwa kerja sama kedua belah pihak terkait evaluasi kelayakan smelter dalam tahap evaluasi.

“Antam terbuka peluang membentuk partner strategic dengan Freeport atau dengan mitra lain,” jelasnya.

Direktur Pengusahaan dan Pembinaan Mineral Kementerian ESDM Dede Suhendra menambahkan, saat ini masih dilakukan evaluasi rencana kerja pembangunan smelter oleh Freeport karena masih terdapat rencana kerja yang harus diperbaiki.

“Setelah semuanya selesai, kajian juga selesai (oleh tim independen) maka baru diterbitkan SPE (surat persetujuan ekspor),” pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8818 seconds (0.1#10.140)