Astra Canangkan Pendidikan untuk SATU Indonesia

Senin, 19 Mei 2014 - 15:32 WIB
Astra Canangkan Pendidikan untuk SATU Indonesia
Astra Canangkan Pendidikan untuk SATU Indonesia
A A A
Sindonews.com - PT Astra Interntional Tbk (ASII) menyelenggarakan program CSR Astra yang diterapkan dalam payung SATU Indonesia (Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia).

CSR tersebut sebagai langkah nyata Grup Astra beserta delapan yayasan untuk berperan aktif berkontribusi meningkatkan kualitas masyarakat dan membangun keharmonisan dengan masyarakat serta lingkungan.

"Satu Indonesia dilaksanakan melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia di empat pilar utama program CSR Astra. Salah satunya bidang pendidikan," ujar Presiden Direktur Astra Prijono saat acara peresmian 20 rumah pintar di Banten seperti dalam rilisnya, Senin (19/5/2014).

"Kami fokus pada pendidikan dasar dan menengah di wilayah pra-sejahtera di setiap lokasi sekitar instalasi Grup Astra," ujarnya.

Dia mengatakan, pengembangan di bidang pendidikan mendapat perhatian utama dalam kegiatan CSR yang dilaksanakan Grup Astra. Komitmen ini dilandasi tekad untuk membangun masyarakat yang cerdas dan mandiri dengan sikap proaktif dalam meningkatkan kualitas kehidupan melalui perbaikan pendidikan dan keterampilan.

Bentuk program di bidang pendidikan ini berupa Beasiswa dengan memberikan 20.000 paket beasiswa diberikan setiap tahun kepada pelajar di Indonesia melalui Grup Astra dan yayasan.

Hingga 2013, Grup Astra bersama yayasannya telah memberikan lebih dari 157.605 beasiswa berbakat serta berprestasi. Dari SD hingga perguruan tinggi (PT) serta tenaga pengajar untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, dan bantuan biaya penelitian.

"Kedua, Astra Berbagi Ilmu (ABI). Kami turut terlibat menjadi aset bermanfaat bagi bangsa, maka program ABI diluncurkan sejak 2012," ujar Prijono.

Karyawan Astra yang menjadi duta ABI memberikan pengetahuan seputar keterampilan dan pengetahuan dari berbagai bidang kepada masyarakat dan pelajar di seluruh Indonesia. Hingga 2013, sudah 79.043 jam mengajar didesikasikan oleh karyawan Grup Astra untuk negeri melalui SD, SMP, SMA dan PT di seluruh Indonesia.

Ketiga, lanjut Prijono adalah Sekolah Binaan. Untuk meningkatkan mutu belajar, Astra memberikan kontribusi sarana dan prasarana belajar berupa pembangunan sekolah dan perbaikan fasilitas sekolah.

Khusus untuk daerah pra sejahtera, Astra memiliki Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA- MDR) yang fokus memberikan bantuan fisik sekolah serta pembinaan akademik, karakter, kecakapan hidup dan seni budaya. Sekolah yang dibantu Astra meliputi tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP dan SMK.

"Sebanyak 15 sekolah binaan Grup Astra telah terpilih menjadi sekolah adiwiyata kota, provinsi dan nasional. Hingga 2013, total sekolah yang dibina Astra bersama anak perusahaan dan sejumlah yayasannya mencapai lebih dari 10.500 sekolah," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3714 seconds (0.1#10.140)