Harga Daging Sapi dan Ayam di Kendal Mulai Naik

Minggu, 01 Juni 2014 - 10:40 WIB
Harga Daging Sapi dan Ayam di Kendal Mulai Naik
Harga Daging Sapi dan Ayam di Kendal Mulai Naik
A A A
KENDAL - Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Jateng) mulai merangkak naik menjelang puasa. Harga daging naik Rp10 ribu per kilogram (kg) dan dijual menembus Rp95 ribu per kg.

Pedagang daging mengaku, permintaan sepi sehingga barang dagangannya terkadang disimpan untuk dijual keesokan harinya. Sementara harga daging ayam potong juga mengalami kenaikan Rp2 ribu hingga Rp4 ribu per kg.

Seperti terjadi di Pasar Kaliwungu, Kendal, Jateng hari ini harga daging sapi dijual dengan harga Rp95 ribu per kg. Harga ini mengalami kenaikan dari sepekan sebelumnya yang dijual Rp85 ribu per kg. Sementara daging kualitas sedang, pedagang menjualnya dengan harga antara Rp80 ribu hingga Rp90 ribu per kg.

Sujono, pedagang daging did aerah itu mengaku, harga daging sapi justru naik jauh sebelum puasa. Saat puasa harga daging stabil dan akan naik lagi menjelang Lebaran.

"Pembeli biasanya membeli daging dengan kualitas sedang yang harganya lebih terjangkau," katanya, Minggu (1/6/2014).

Pedagang pun mensiasatinya dengan menjual campuran antara daging, jeroan, dan tulang. Pedagang juga mengeluhkan sepinya pembeli, karena warga mengurangi pembelian daging sebagai, dampak kenaikan harga bahan pokok.

Sementara, kenaikan juga terjadi pada harga daging ayam yang naik hampir setiap hari antara Rp1 ribu sampai Rp2 ribu per kg. Jika sebelumnya harga daging ayam dijual dengan harga RP16 ribu per kg. "Kini melonjak menjadi Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kg," kata pedagangan ayam, Misroh.

Kenaikan ini diduga dipicu ulah spekulan yang memanfaatkan momentum puasa. Pedagang terpaksa menaikkan harga, karena dari pemasok dan distributor sudah terlebih dahulu menaikkan harga.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5534 seconds (0.1#10.140)