Eksplorasi Geothermal Masih Banyak Kendala

Rabu, 04 Juni 2014 - 12:28 WIB
Eksplorasi Geothermal Masih Banyak Kendala
Eksplorasi Geothermal Masih Banyak Kendala
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) tengah berupaya mengembangkan potensi energi panas bumi (geothermal) sebagai sumber kelistrikan.

Namun, Direktur Panas Bumi, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Tisnaldi mengatakan, kegiatan eksplorasi panas bumi sebagai sumber energi pembangkit listrik, bukan perkara mudah meski ketersediaannya melimpah.

Menurut dia, tingginya biaya eksplorasi akibat tingginya risiko kegagalan dan sulitnya jangkauan lokasi tempat tersedianya sumber energi panas bumi, menjadi kendala utama sulitnya eksplorasi panas bumi.

"Kendala untuk panas bumi juga ada kendala risiko kegagalan pemborannya masih ada. Karena di panas bumi itu ngebor dua, sukses rasionya bisa cuma satu, jadi 50%," kata dia saat pembukaan acara The 3rd Indonesia EBTKE-ConEx 2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Selain itu, kendala juga bisa menyangkut lokasi yang pada umumnya sulit dijangkau meski berada di daratan. Di mana, lokasi panas bumi banyak di area gunung yang infrastrukturnya belum tersedia.

"Sehingga investasi untuk infrastruktur cukup mahal. Kadang-kadang ada yang perlu membuat jalan 30 km lebih agar mereka bisa bawa rig buat ngebor. Jadi, butuh investasi yang tidak sedikit untuk infrastruktur," ujarnya.

Hal ini dikhawatirkan berdampak pada harga jual listrik nanti. Terlebih, diperlukan investasi dengan jumlah sedikitnya USD9 juta atau setara Rp100 miliar.

Kendati demikian, ketersediaan sumber energi dari panas bumi ini penting untuk direalisasikan. Karena, potensinya yang masih sangat besar, sehingga bisa mengurangi ketergantungan terhadap sumber-sumber energi berbasis fosil.

"Potensi (panas bumi) 28.000 mw, tapi yang baru dikembangkan 1.341 mw. Dengan forum ini selain transfer teknologi, sharing informasi, kita juga mengharapkan investor internasional bisa tertarik," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3112 seconds (0.1#10.140)